Inter Milan Melepas Sang Interisti, Valentino Rossi

Yanu Arifin - Sport
Senin, 15 Nov 2021 06:15 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy waves at the end of the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. Rossi will be retiring from MotoGP racing as the season ends in Valencia. (AP Photo/Alberto Saiz)
Valentino Rossi diarak usai melakoni balapan terakhirnya di MotoGP. (Foto: Alberto Saiz/AP)
Valencia -

Valentino Rossi adalah seorang Interisti. Maka dari itu, Inter Milan turut melepas akhir karier The Doctor di MotoGP.

Rossi baru saja melakoni race terakhirnya di MotoGP di seri MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021). Di balapan itu, ia finis ke-10, dan resmi pensiun dari dunia balap motor, yang sudah ia lakoni selama lebih dari dua dekade.

Di trek, Rossi punya catatan 432 balapan, dengan 372 kali ia lakoni di kelas tertinggi [500cc/MotoGP]. Sebanyak 115 kemenangan ia raih, dengan 89 ia dapatkan di kelas tertinggi, dari 199 podium.

Dari statistik itu, Rossi bisa menyabet 9 gelar juara dunia. Rinciannya, sekali di kelas 125cc dan 250cc, dan sisanya di kelas tertinggi [500cc/MotoGP].

Sebagai pebalap, Rossi dikenal juga sosok yang mencintai olahraga lain, termasuk sepakbola.

Pria berusia 42 tahun itu diketahui adalah fans berat Inter Milan. Valentino Rossi menjadi tifosi setia Nerazzurri berkat keberadaan Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Kini, Rossi pensiun dari MotoGP. Inter Milan dan Ronaldo kini gantian menyampaikan salam sukses atas perpisahan The Doctor dengan MotoGP.

Lewat media sosialnya, Inter mengunggah foto Rossi sedang bersama eks kiper Inter, Julio Cesar, dan Marco Materazzi, mantan bek Inter. Dalam foto itu, terlihat Rossi mengenakan syal berwarna biru hitam, warna khas Inter.

Sebuah caption ditulis, yang isinya statistik Rossi di dunia balap serta kalimat pamungkas: Grazie, Vale.

Dalam sebuah wawancara, Valentino Rossi mengaku mengidolakan Inter Milan karena keberadaan Ronaldo. Sempat mendukung Sampdoria, Rossi akhirnya kepincut Inter karena permainan Ronaldo, yang direkrut Inter dari Barcelona pada 1997. Dan di Valencia, Ronaldo sendiri yang mengibarkan bendera finis terakhir Rossi di MotoGP.

(yna/mrp)