Morbidelli Mustahil Salip Rossi di MotoGP Valencia 2021

Lucas Aditya - Sport
Senin, 15 Nov 2021 12:10 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates with Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT (L) at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Catalunya: Qualifying during qualifying for the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 26, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Franco Morbidelli tak mungkin menyalip Valentino Rossi di MotoGP Valencia 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Yamaha Franco Morbidelli tak menyalip Valentino Rossi di MotoGP Valencia. Bukan karena mau mengalah, rider 26 tahun itu menyebut The Doctor terlalu cepat.

Morbidelli finis di belakang Rossi saat membalap di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (14/11/2021) malam WIB. Rider Monster Energy Yamaha itu ada di urutan ke-11, satu tingkat lebih rendah dari Rossi.

Rossi menjalani race terakhirnya sebagai rider MotoGP di Valencia. Start dari posisi ke-10, dia mampu menyudahi balapan di posisi yang sama.

Membuntuti Rossi selama 27 lap, Morbidelli menyebut tak ada peluang untuk mendahului 'gurunya' itu. Dari situs MotoGP, Rossi menempuh balapan dengan kecepatan 156,4 km/jam. Morbideli 0,1 km/jam lebih lambat dari rider 42 tahun itu.

"Saya beruntung bisa membalap di sisi Rossi. Saya mencoba untuk tak mendekat ke diam, untuk menghindari masalah. Tapi, di saat bersamaan saya harus bilang bahwa Rossi sangat cepat. Faktanya, tak kesempatan untuk mencoba menyalip dia," kata Morbidelli di GP One.

"Ini hari yang luar biasa, karena saya melihat dia cepat, sangat kompetitif. Ini menjadi akhir yang luar biasa untuk saya dan untuk dia," kata dia menambahkan.

Mengenai keputusan Rossi memilih pensiun, Morbidelli menyebut bahwa Italiano itu akan tetap menjadi pelindung untuk para pebalap-pebalap binaanya.

"Vale akan selalu menjadi pelindung kami! Dia yang paling berpengalaman dan yang paling bijaksana di antara kami semua, juga karena saya tak banyak berbicara dengan orang lain di akademi," kata Morbidelli mengenai Rossi.

(cas/krs)