Dovizioso Ubah Gaya Balap di Yamaha

Lucas Aditya - Sport
Rabu, 26 Jan 2022 15:10 WIB
Andrea Dovizioso resmi bergabung ke tim Petronas Yamaha dan comeback di MotoGP 2021, Kamis 16 September 2021.
Andrea Dovizioso mengubah gaya membalap demi Yamaha. (Foto: dok. Petronas Yamaha)
Jakarta -

Andrea Dovizioso mengaku terus beradaptasi dengan Yamaha. Italiano itu sudah amat melekat dengan motor Ducati, mesti mebgubah gaya membalap.

Di MotoGP, Dovizioso paling lama menghabiskan masa kariernya bersama Ducati. Rider 36 tahun itu menjalani 7 musim bersama pabrikan asal Italia itu.

Setelah meninggalkan MotoGP pada akhir musim lalu, Dovizioso bergabung dengan Petronas Yamaha SRT sejak 5 seri terakhir MotoGP 2021. Dia sedang menjalani masa penyesuaian.

Di tahun ini, Dovizioso kembali tampil bersama tim satelit Yamaha. Dia membela RNF Yamaha, berpartner dengan Darryn Binder.

Dovizioso mengaku masih mengalami kendala dengan ban depan dan motor YZR-M1. Dia menegaskan harus menyesuaikan gaya membalap.

"Saya masih tidak nyaman saat saya mengerem, saya tak merasa sudah memanfaatkan potensi penuh dari ban dan motor," kata Dovizioso di GP One.

"Saya sudah banyak berkembang dalam dua balapan terakhir di musim lalu, tapi saya sangat berubah dalam cara mengerem, dibanding dengan saat bersama Ducati, karena Yamaha menuntut hal lain."

"Dan itu juga membantu saya beradaptasi dengan casing baru dari 2020. Cara anda harus mengendarai Yamaha di saat ini tak alami buat saya," kata Dovizioso menambahkan.

MotoGP musim ini akan start pada 6 Maret 2022. MotoGP Qatar yang menjadi pembukanya, setelah itu MotoGP Mandalika digelar pada 20 Maret 2022.

(cas/krs)