Honda: Marquez Tampil di Tes Pramusim MotoGP Sepang dan Mandalika

Okdwitya Karina Sari - Sport
Rabu, 26 Jan 2022 17:25 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - OCTOBER 24: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team celebrates the victory on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Emilia Romagna - Race at Misano World Circuit on October 24, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez dipastikan akan tampil di tes pramusim MotoGP Sepang dan Mandalika. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez akan kembali ke lintasan balap. Honda Repsol mengumumkan, Marquez akan mengikuti tes pramusim MotoGP 2022 di Sepang dan Mandalika.

Pada awalnya, juara dunia delapan kali tersebut diragukan bisa berpartisipasi di tes pramusim MotoGP. Marquez mengalami gangguan pengelihatan (diplopia) akibat kecelakaan motokros pada Oktober lalu.

Namun, rupanya kondisi Marquez tidak separah perkiraan. Sejak Desember 2021, kondisi pengelihatan Marquez berangsur-angsur membaik dan sudah berlatih sejak dua pekan lalu.

Marquez mengaku optimistis bisa tampil di tes musim dingin di Sepang setelah berlatih di Portimao. Honda mengungkapkan, kondisi Marquez fit untuk mengikuti rangkaian persiapan jelang MotoGP 2022, yang di Sepang dan Mandalika pada Februari.

"Di sepanjang musim dingin Marquez terus menjalani pemeriksaan medis dan konsultasi untuk memantau diplopianya," bunyi pernyataan Honda dikutip Crash. "Belakangan ini peningkatan kondisinya membuat tim medis dia menganggap pemulihan dia cukup untuk berlatih dengan roda dua. Pebalap #93 itu kembali lintasan motokros sebelum menjajal Honda RC213V-S di Portimao dan Honda CBR600RR di Aragon."

"Pada Senin, 24 Januari lalu Marquez menjalani pemeriksaan medis lain yang kembali memastikan bahwa perawatannya benar-benar sukses dan juara dunia delapan itu dalam kondisi yang memungkinkan untuk menunggangi motor MotoGP."

"Untuk itu diputuskan bahwa Marquez akan memulai musim 2022 di tes resmi pertama MotoGP di Sepang sebelum menuju ke Mandalika, Indonesia pada pekan berikutnya. Ini akan menjadi yang pertama bagi Marquez di atas motor MotoGP sejak memenangi balapan Emilia Romagna 2021 di depan Pol Espargaro."

"Tim Repsol Honda akan menatap tes pertama di musim baru dengan kekuatan penuh bersama Marquez dan Pol Espargaro, yang memasuki musim kedua mereka dengan tim."

(rin/krs)