ADVERTISEMENT

Bagian 1

Kamus Istilah MotoGP: Apa Itu Apex, Chicane, hingga Flag to Flag?

Tim detikcom - Sport
Selasa, 08 Mar 2022 16:12 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 06: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar at Losail Circuit on March 06, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Buat detikers MotoGP mania pasti familiar banget dengan sejumlah istilah berikut ini, tapi mungkin masih ada yang penasaran dengan arti apex, chicane, atau flag to flag.

Istilah-istilah seperti apex dan flag to flag itu sendiri lazim hadir dalam pentas dunia balap, secara khusus kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk kita bahas satu per satu sejumlah istilah MotoGP yang lazim muncul, seperti dirangkum situs resmi MotoGP dan sejumlah sumber lain.

APEX

Merujuk arti, apex dapat diartikan sebagai "puncak". Nah, apex ini lazim digunakan untuk merujuk pada titik "puncak", alias paling ujung, saat rider berada terdekat dengan bagian dalam sebuah tikungan.

Di apex ini, rider biasanya mulai bersiap kembali nge-gas demi bisa berakselerasi sesegera mungkin untuk keluar dari tikungan.

Tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Sejumlah persiapan pun dilakukan jelang gelaran tersebut. Lihat yuk.Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

AERO-BODY

Setiap tahunnya, pabrikan MotoGP berhak punya paket aerodinamik anyar plus satu upgrade kapan pun sepanjang musim. Pembaruan ini dikhususkan untuk masing-masing rider dan bukan buat tim atau pabrikan secara keseluruhan. Ada empat bagian dari aero body: fairing depan, ban belakang, mudguard depan dan fork depan, dan unit jok motor.

AIRBAGS

Para rider MotoGP kini diwajibkan memakai baju balap yang sudah dilengkapi oleh airbag. Ketika ada rider yang crash, airbag ini melindungi bagian bahu dan tulang selangka demi meminimalisir potensi rider mengalami kasus fatal.

BACKING IT IN

Hal ini terjadi ketika rider memakai rem belakang motor ketika memasuki sebuah tikungan, membuat ban depannya tergelincir.



BRAKING MARKER/BRAKING POINT

Seperti namanya, istilah ini merujuk pada titik pengereman ketika rider biasanya mulai mengerem sebelum masuk ke sebuah tikungan. Ada beragam hal di sekeliling sirkuit yang dijadikan rider sebagai acuan/patokan untuk melakukan titik rem ini, seperti pohon dan papan iklan, sehingga masing-masing pebalap bisa punya titik acuannya sendiri.

BITING THE SCREEN

Istilah ini biasa muncul ketika seorang rider sangat terlihat sedang berusaha sekeras mungkin dan menggeber habis motornya sampai batas yang memungkinkan.

BOX

Sebuah instruksi dari tim ke rider lewat pitboard/papan di pit atau pesan dashboard, yang meminta rider untuk segera ke pitlane dan masuk garasi sesegera mungkin.

CHICANE

Bisa dimaknai sebagai sebuah tikungan ganda dengan arah berbeda yang posisinya berdekatan. Rider pun harus segera memindahkan berat tubuhnya dari kiri ke kanan, atau sebaliknya, untuk melewati tikungan ganda tersebut. Dilihat dari atas, tikungan ini biasanya berbentuk huruf S.



COLD TYRES

Istilah "ban dingin" ini lazim membuat para rider crash di lintasan. Saat ban masih "dingin" daya cengkeramnya pun minim. Maka bukan cuma bisa terjatuh, performa rider pun bisa tidak maksimal.

COMPOUNDS

Atau kompon, yang mengacu pada tipe ban atau bahan penyusun ban.

DRY RACE

Saat kondisi lintasan kering, balapan bakal dinyatakan sebagai dry race. Saat kemudian hujan turun di sebuah balapan kering, ada perbedaan pada Moto2, Moto3, dan MotoGP.

Di Moto2 dan Moto3, mulai turunnya hujan pada sebuah dry race akan bikin balapan itu memunculkan red flag. Pada kelas MotoGP, rider masih akan lanjut dalam situasi flag to flag.

ECU

Setiap motor MotoGP memakai Electronic Control Unit (ECU) yang sama, dengan bagian tersebut dapat dianggap sebagai otaknya motor. Di situ tim-tim diizinkan mengganti sejumlah pengaturan seperti kendali traksi, kendali wheelie, engine break, dan lain-lain.

FLAG TO FLAG

Istilah ini lazim muncul ketika sebuah balapan yang dimulai dalam kondisi kering kemudian jadi basah -- atau sebaliknya. Pada kondisi ini, para rider akan masuk ke pitlane untuk memakai motor kedua mereka, yang sudah dilengkapi dengan ban berbeda sesuai dengan kondisi trek.

Masih penasaran dengan istilah-istilah lain di MotoGP? Tunggu bagian keduanya, ya, detikers!

Lihat juga Video: Usai Ditabrak Bagnaia, Jorge Martin: Ini Pertama Kalinya Saya Takut

[Gambas:Video 20detik]




(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT