ADVERTISEMENT

Andaikan MotoGP Mandalika 2022 Tidak 20 Lap

Afif Farhan - Sport
Kamis, 24 Mar 2022 19:10 WIB
Portugals Miguel Aliveira of Red Bull KTM Factory Racing, left, leads Australian rider Jack Miller of Ducati Lenovo team, center, French rider Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP, right, during Moto GP Pertamina Grand Prix of Indonesia at the Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Sunday, March 20, 2022.(AP Photo/Achmad Ibrahim)
Andai MotoGP Mandalika Kemarin Tidak 20 Lap (AP)
Jakarta -

Beberapa rider seperti ada rasa tidak puas karena MotoGP Mandalika kemarin hanya berlangsung 20 lap, dari rencana 27 lap. Mungkin bakal ada kejutan jika tidak kena pangkas.

Pertamina Grand Prix of Indonesia alias MotoGP Mandalika berlangsung pada Minggu (20/3). Balapan sempat ditunda sampai 75 menit karena hujan deras disertai petir.

Lintasan basah jadi sajian. Para rider bertarung jadi yang tercepat, hingga akhirnya Miguel Oliveira jadi juaranya.

Fabio Quartararo dan Johann Zarco juga naik podium yang masing-masing di peringkat kedua dan ketiga.

Dirangkum dari Crash, beberapa pebalap sepertinya tidak puas dengan 20 lap. Joan Mir misalnya, rider Suzuki ini menyebut bisa saja posisinya lebih baik andai lap lebih panjang!

"Sangat disayangkan hanya 20 lap, karena saya bisa melakukan lebih baik di akhir lap. Tapi, tak masalah saya senang dengan hasilnya," ujar Mir yang finis di peringkat keenam.

MotoGP Mandalika 2022Balapan basah di MotoGP Mandalika (Kemenparekraf)

Johann Zarco mengutarakan hal yang sama. Finis di peringkat ketiga, Zarco pede bisa menyalip Fabio Quartararo di akhir lap MotoGP Mandalika dan mungkin akan beda cerita kalau balapannya 27 lap!

"Saya coba mendorong lebih keras di dua lap terakhir untuk menyalip Quartararo. Namun itu tidaklah cukup, karena dia juga bermain dengan baik," jelas rider Pramac Ducati itu.

Miguel Oliveira dengan mantap menjadi juara di MotoGP Mandalika. Memulai dari posisi ketujuh, Miguel terus melesat ke depan dan memimpin terus di pertengahan balapan.

Rider KTM itu lebih cepat 2,205 detik dari Fabio Quartararo dan jauh meninggalkan Joan Zarco dengan 3,158 detik.

MotoGP Mandalika dikurangi dari 27 menjadi 20 lap karena kondisi aspal Sirkuit Mandalika terlalu panas.

"Kami memutuskan untuk mengurangi jumlah lap demi keselamatan pembalap karena suhu aspal yang terlalu tinggi," kata Grand Prix Safety Officer FIM, Franco Uncini.

Balapan Moto2 juga dikurangi dari 25 lap jadi 16 lap. Namun setelah cuaca panas, hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT