Sirkuit Mandalika Akan Bisa Tampung 180 Ribu Penonton

ADVERTISEMENT

Sirkuit Mandalika Akan Bisa Tampung 180 Ribu Penonton

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 26 Mar 2022 13:15 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: Spectators are seen wearing raincoats during a downpour prior to the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. The final race was postponed due to weather conditions. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Kapasitas Sirkuit Mandalika bisa bertambah hingga 180 ribu penonton (Getty Images/Robertus Pudyanto)
Jakarta -

ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) mengakui pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit belum selesai. Ada peluang kapasitas venue bertambah tiga kali lipat ke depannya, membuat kapasitas mencapai 180 ribu penonton. Tapi hal itu takkan dilakukan dengan terburu-buru.

Mandalika sukses menggelar balapan perdana MotoGP Mandalika akhir pekan kemarin, yang menandai kembalinya ajang tersebut ke Indonesia dalam 25 tahun. Para pebalap pun senang dengan balapan di sana, setelah sempat mengkritik di sesi tes pramusim Februari lalu.

Tak cuma pebalap, para penonton pun juga tumpah ruah di arena sirkuit. Maklum banyak dari mereka yang belum pernah menyaksikan MotoGP secara langsung ditambah olahraga ini termasuk salah satu yang populer di Indonesia selain sepakbola dan bulutangkis.

Namun, Mandalika memang tidak bisa menampung antusiasme penonton lainnya yang tidak kebagian tiket, mengingat kapasitas venue memang belum memadai. Untuk balapan MotoGP Mandalika, pihak penyelenggara cuma melepas 66 ribu tiket yang semuanya sold out.

Penjualan terbanyak ada di hari ketiga yang bertepatan dengan hari balapan. Rupanya sirkuit Mandalika masih bisa ditambah kapasitas penontonnya, bahkan sampai tiga kali lipatnya atau menyentuh angka 180 ribu penonton.

Namun, hal itu harus dibarengi dengan fasilitas pendukung yang mumpuni. Maka dari itu ITDC ingin menambah jumlah kursi secara bertahap, alih-alih langsung membuka full.

"Kapasitas total bisa 180.000. Namun, kita tak perlu langsung (menjual) 180.000 karena kita sesuaikan dengan kesiapan fasilitas. Hal itu sangat penting," ujar Dirut ITDC Abdulbar M.Mansoer kepada media di Arcadia Senayan, Jumat (25/3/2022) sore WIB.

"Kami tak mungkin memaksakan di atas 100.000 apabila fasilitas tidak siap," sambungnya.

"Semua grandstand yang dibangun dengan kapasitas 60 ribu orang sudah permanen. Sisanya adalah penonton General Admission (GA) yang tak perlu tempat duduk. Jadi, kapasitas adalah 50.000 orang di grandstand dan 10 ribu GA."

Menurut Abdulbar, penambahan kapasitas juga harus diperhitungkan secara matang, terutama dari sisi ekonomi. Apalagi kontrak ITDC dengan Dorna Sport tidak murah, yakni sekitar 9 juta euro atau Rp 142 miliar sebagai uang komitmen.

Dirut ITDC Abdulbar M.MansoerDirut ITDC Abdulbar M.Mansoer Foto: dok.ITDC

Fokus utama ITDC saat ini adalah merampungkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan selesai pada 2024. Fasilitas pendukung jadi fokus utama agar penonton lebih nyaman.

"Sirkuit ini banyak yang iri karena di sekeliling sirkuit banyak gunung, bahkan sampai ada bukit di tengah-tengah itu cuma kita. Kita masih punya banyak ruang, kita masih akan menambah fasilitas," papar Abdulbar.

"Ke depan, kita juga akan menambah terowongan dari timur ke barat agar mempermudah akses. Kedua, kita juga akan menambah fasilitas VIP, berapa banyaknya kita akan lihat dari penghitungan pemasukan."

"Kita juga ada rencana menambah sistem pencahayaan agar sirkuit bisa menjadi tuan rumah balapan endurance karena siang hari di Lombok panas sekali. Nanti juga akan menambah area untuk stand-stand makanan. Semua akan tergantung ke pemasukan kita. Kalau mencukupi, pasti akan ada banyak yang kita kerjakan," demikian Adbulbar M. Mansoer.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT