ADVERTISEMENT

MotoGP Mandalika: Motor-motor Sudah Pulang dengan Selamat

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 26 Mar 2022 23:13 WIB
Spanish rider Marc Marquez, right, and Pol Espargaro of Repsol Honda Team ride during a warmup in the Pertamina Grand Prix of Indonesia motorcycle racing at the Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Sunday, March 20, 2022. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Semua peralatan tim dan motor di MotoGP Mandalika 2022 sudah pulang ke markas masing-masing (AP/Achmad Ibrahim)
Lombok -

MotoGP Mandalika 2022 sudah hampir sepekan berlalu. Semua peralatan terkait balapan tersebut, termasuk motor-motor sudah dipulangkan dengan lancar.

MotoGP akhirnya kembali lagi ke Tanah Air setelah 25 tahun absen. Dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022), balapan sempat tertunda sejam karena hujan deras yang mengguyur.

Pemenang di MotoGP Mandalika kali ini adalah rider KTM Red Bull Miguel Oliveira dan dua podium tersisa jadi milik Johann Zarco dari Pramac Ducati dan Fabio Quartararo dari Yamaha.

Meski sudah berakhir sejak pekan lalu, rupanya aktivitas di dalam sirkuit Mandalika masih berjalan beberapa hari setelahnya. Seperti biasanya, masih ada logistik yang masih ada di lintasan seperti halnya motor, peralatan balapan, dan lainnya.

Maka dari itu PT Angkasa Pura Logistik (APLog) sebagai penanggung jawab logistik MotoGP bergerak cepat mengemas dan memulangkan motor-motor dan perlengkapan tim MotoGP.

Dimulai sejak Rabu (23/3/2022), proses itu berlangsung selama dua hari hingga Jumat (25/3/2022). Proses loading re-export Cargo MotoGP Mandalika telah berjalan sebanyak 2 kali dari total 5 kali penerbangan yang akan ditempuh untuk kepulangan race equipment MotoGP.

APLogistik mengurus kepulangan Motor-motor pebalap MotoGP MandalikaAPLogistik mengurus kepulangan Motor-motor pebalap MotoGP Mandalika Foto: dok.APLogistik

Pada flight kargo yang pertama, dalam waktu sekitar 1 jam tim logistik berhasil melakukan pencapaian proses loading sekitar 70 ton. Disusul flight kargo kedua sebanyak 88 ton dari total jumlah logistik secara keseluruhan 500 ton hingga penerbangan yang terakhir dengan ground time sekitar 2 jam, lebih baik dari standar operasional internasional (departure time before schedule) dengan zero accident.

APLogistik mengurus kepulangan Motor-motor pebalap MotoGP MandalikaAPLogistik mengurus kepulangan Motor-motor pebalap MotoGP Mandalika Foto: dok.APLogistik

"Kami senang bisa ikut berpartisipasi dalam memeriahkan MotoGP Mandalika ini. Apalagi ini adalah event besar yang membawa nama negara. Kami juga mengumumkan bahwa seluruh perlengkapan MotoGP termasuk motor-motor sudah dipulangkan dengan aman," ujar Direktur Utama APLog, Danny P Thaharsyah, dalam keterangan kepada detiksport.

APLog juga membagikan kegiatan mereka selama MotoGP Mandalika di akun Youtube dan Instagram resmi mereka, yakni @ap_logistics, seperti proses kegiatan cargo handling awal hingga akhir event sampai dengan penanganan kepulangan kargo MotoGP.

Selain itu ada juga konten Live Instagram, Quiz, dan informasi seputar MotoGP Mandalika yang ditayangkan mulai tanggal 9-25 Maret 2022.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT