Aleix Kalahkan Pol sang Adik untuk Raih Kemenangan Perdana di MotoGP

ADVERTISEMENT

Aleix Kalahkan Pol sang Adik untuk Raih Kemenangan Perdana di MotoGP

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 04 Apr 2022 10:15 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 03: Pol Espargaro (L) of Spain and Repsol Honda Team with his brother  Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing speak in pit before  the official photo for the 2022 MotoGP season during the MotoGP of Qatar - Previews at Losail Circuit on March 03, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)
Pol Espargaro (kiri) dan abangnya, Aleix. Foto: Getty Images,/Mirco Lazzari gp
Termas de Rio Hondo -

Aleix Espargaro menjadi pemenang seri MotoGP Argentina 2022. Siapa sangka, ia berhasil 'mengalahkan' adiknya, Pol Espargaro, untuk meraih kemenangan perdana di kelas utama.

Aleix sudah lebih dulu merasakan kerasnya MotoGP. Tampil perdana di MotoGP 2009, ia lanjut di MotoGP 2010 dan sempat pindah ke kelas Moto2 pada 2011, untuk kemudian kembali ke MotoGP pada 2012 dan bertahan sampai sekarang.

Sedangkan Pol naik ke MotoGP pada 2014, usai menjadi juara dunia Moto2 setahun sebelumnya. Sebelum MotoGP Argentina, prestasi Pol di kelas tertinggi balap motor jauh lebih baik dari Aleix.

Pol sudah meraih delapan podium, lima di antaranya diraih dalam satu musim yang sama bersama KTM (MotoGP 2020). Hasil itu membuatnya direkrut tim pabrikan Honda pada 2021. Sementara Aleix selama kariernya di MotoGP 'cuma' merasakan podium 2 kali.

Namun di musim ini, keduanya sama-sama menunjukkan performa menjanjikan. Pol podium di MotoGP Qatar, sedangkan Aleix konsisten mampu finis di posisi empat dan sembilan bersama Aprilia di dua balapan pertama. Kemenangan perdana tampak dekat dengan mereka.

Awalnya, Pol yang dijagokan meraih kemenangan perdana di antara Espargaro bersaudara. Itu disebabkan ia sempat mendominasi MotoGP Qatar, sebelum disalip oleh Enea Bastianini dan turun ke posisi ketiga. Namun ternyata takdir berkata lain.

Di MotoGP Argentina, Aleix menyapu bersih seluruh sesi. Ia menjadi yang tercepat di sesi latihan, meraih pole position di kualifikasi, dan akhirnya, memenangi balapan!

Aleix berhasil mendahului Pol untuk meraih kemenangan perdana di MotoGP, namun hasil itu juga dirayakan oleh Pol. Di MotoGP Argentina, Pol yang retired karena crash di lap 15 terlihat menangis terharu di paddock Honda saat melihat Aleix melewati garis finis.

Ya, siapapun yang menang tetap menjadi kebanggaan bagi keluarga Espargaro. Seperti Aleix yang bangga pada Pol ketika meraih gelar juara dunia Moto2 pada 2013 silam.

Catatan Pol Espargaro di MotoGP (2014-sekarang)

Balapan: 138 kali

Podium: 8 kali (7 kali posisi tiga, sekali posisi dua)

Menang: -

Catatan Aleix Espargaro di MotoGP (2009-2010, 2012-sekarang)

Balapan: 200 kali

Podium: 3 kali (sekali kali posisi tiga, sekali posisi dua, sekali posisi pertama)

Menang: 1 kali (MotoGP Argentina 2022)

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT