3 Seri MotoGP 2022, Pabrikan Jepang Belum Menang

Lucas Aditya - Sport
Selasa, 05 Apr 2022 17:10 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju di pitlane saat sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 di hari Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik diikuti dua pembalap Pramac Racing Jorge Martin dan Johann Zarco. ANTARA FOTO/Andika Wahyu
MotoGP 2022: Pabrikan Jepang belum ada yang menang. (Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU)
Jakarta -

Tiga seri awal MotoGP 2022 belum membuahkan hasil manis untuk pabrikan-pabrikan asal Jepang. Belum ada tim dari Negeri Matahari Terbit yang menjadi pemenang.

Ducati, KTM, dan Aprilia yang sudah mencatatkan diri menjadi pemenang di MotoGP 2022. Enea Bastianini, dari tim Gresini Racing, yang mengantarkan pabrikan Italia, Ducati, menjadi pemenang di MotoGP Qatar.

Setelah itu, Miguel Oliveira yang mengantarkan KTM menjadi juara di MotoGP Mandalika. Pada MotoGP Argentina, Aleix Espargaro membawa Aprilia menang di MotoGP.

Bagi Bastianini dan Aleix Espargaro, ini merupakan kemenangan pertama di ajang MotoGP. Lebih spesial lagi untuk Aleix Espargaro, pebalap 32 tahun itu harus menunggu 200 balapan untuk mencatatkan diri menjadi pemenang kelas MotoGP.

Tiga pabrikan Jepang: Honda, Yamaha, Suzuki, masih belum sukses mencatatkan diri menjadi pemenang di MotoGP 2022. Dalam dua balapan, mereka tertahan di posisi ketiga. Satu lainnya cuma menembus podium kedua.

Pol Espargaro yang membawa Honda finis ketiga di MotoGP Qatar. Sementara Fabio Quartararo menggapai posisi runner-up saat balapan basah di Mandalika.

Pada balapan di MotoGP Argentina, Alex Rins yang membawa tim Suzuki bisa menggapai posisi ketiga. Ini merupakan podium pertama Suzuki di MotoGP 2022.

MotoGP 2022 akan lanjut di Austin untuk menggelar MotoGP Amerika Serikat. Sejak Austin menggelar MotoGP, pabrikan Jepang mendominasi dengan memenangi 8 seri yang sudah digelar.

Honda sudah tujuh kali menang, semuanya dibukukan oleh Marc Marquez. Sementara itu, Suzuki sekali menang dengan Alex Rins sebagai pemenangnya pada musim 2019. Pada musim itu, Marc Marquez gagal finis.

Simak juga video 'Detik-detik Kemenangan Perdana Aleix Espargaro yang Begitu Emosional':

[Gambas:Video 20detik]



(cas/krs)