ADVERTISEMENT

Marc Marquez Start ke-9 di MotoGP AS 2022, Tolak Label Favorit

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 10 Apr 2022 11:47 WIB
Marc Marquez (93), of Spain, steers through a turn during an open practice session for the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at the Circuit of the Americas, Saturday, April 9, 2022, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)
Marc Marquez menampik status favorit di MotoGP Amerika Serikat 2022 karena hanya start kesembilan. (Foto: AP/Eric Gay)
Austin -

Rider Repsol Honda Marc Marquez menolak disebut favorit juara di MotoGP Amerika Serikat 2022. Marquez cuma start kesembilan.

Marquez menyudahi kualifikasi di Circuit of the Americas (COTA) dengan membukukan waktu 2 menit 03,038 detik. Pebalap Spanyol itu berjarak nyaris satu detik dari Jorge Martin, yang merebut pole position.

Di sisi lain, Marquez selama ini merupakan penguasa COTA setelah memenangi tujuh dari delapan balapan. Satu-satunya kegagalan Marquez terjadi di 2019 ketika jatuh saat memimpin balapan, sehingga kemenangan direbut oleh Alex Rins.

Adapun fakta lainnya adalah Marc Marquez hanya dua kali gagal start dari posisis terdepan di MotoGP Amerika Serikat, namun tetap menjadi juara. Yang pertama start dari posisi empat pada 2018, kemudian start dari grid ketiga untuk meraih kemenangan ketujuhnya pada edisi 2021.

Tantangan besar dihadapkan pada Marquez karena dia pertama kalinya start dari baris ketiga di COTA. Bisakah Marquez terus berjaya?

"Tidak mungkin aku masih menjadi favorit di balapan ini. Aku menjalani sebuah akhir pekan yang aneh tapi itu satu-satunya jalan untuk bertahan. Aku hanya mendesak untuk putaran-putaran cepat pada kemarin dan pagi ini [untuk menghemat energi]," ungkap Marquez dilansir Crash.

"Aku melakukan latihan yang normal di FP4, disitulah aku menunjukkan sedikit dan memahami kecepatanku. [Namun] start kesembilan aku tidak bisa menjadi favoritnya. Kurasa Bagnaia, Quartararo, dan Bastianini; mereka itu punya kecepatan yang bagus."

"Banyak hal bergantung pada start dan putaran pertama. Kalau startnya bagus dan Anda bisa mendapatkan posisi enam atau tujuh dan ini akan jadi balapan yang bagus. Kalau Anda di posisi 10-11 maka akan jadi balapan yang lain."

"Kita lihat saja sih, tapi Anda perlu mengambil risiko. Aku di sini untuk bersaing. Di Qatar aku finis kelima tapi saat itu aku mengambil risiko di awal. Aku akan melakukan hal serupa di sini. Aku percaya ini akan menjadi balapan yang aneh. Tampaknya balapan nanti akan sangat berangin," Marc Marquez menambahkan jelang MotoGP Amerika Serikat.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT