Rins Finis Kedua di MotoGP Amerika Serikat, Podium Suzuki ke-500

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 11 Apr 2022 17:40 WIB
Alex Rins (42), of Spain, celebrates his second place finish in the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at the Circuit of the Americas, Sunday, April 10, 2022, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)
Alex Rins finis kedua di MotoGP Amerika Serikat 2022, menandai podium ke-500 Suzuki. (Foto: AP/Eric Gay)
Austin -

Alex Rins start dari baris ketiga lalu finis runner-up di MotoGP Amerika Serikat 2022. Rins menandai podium Suzuki ke-500 dalam sejarah kejuaraan balap motor.

Rins tampil impresif pada balapan di Circuit of the Americas, Senin (11/4/2022) dinihari WIB. Memulai balapan di urutan ketujuh, Rins mengawali balapan dengan tidak menjanjikan. Meski demikian, rider Spanyol itu membaik saat balapan melewati empat putaran.

Rins kemudian perlahan-lahan menyodok ke peringkat ketiga lalu bertarung dengan Jack Miller di fase akhir balapan. Rins pada akhirnya melintasi garis finis setelah Enea Bastianini dengan selisih 0,254 detik saja dari Miller.

Hasil Rins di Austin itu menggenapkan jumlah podium Suzuki menjadi 500 sepanjang keikutsertaannya dalam olahraga ini. Rinciannya pabrikan Jepang itu memperoleh 84 podium di kelas 50cc, 93 podium di 125cc, tujuh di 250cc, dan 316 podium di kelas 500cc dan MotoGP. Podium pertama Suzuki sendiri dicapai Ernst Degner pada 1962.



Bagi Alex Rins, itu adalah podium kedua beruntun di musim ini setelah finis ketiga di Argentina. Rins mengaku sempat pesimistis bisa finis di posisi depan.

"Aku sangat gembira. Aku tadinya betul-betul tidak berekspektasi finis podium karena di beberapa putaran awal aku sedikit kesulitan, aku kehilangan beberapa posisi," sebut Rins dilansir Motosan.

"Jadi setelahnya, putaran demi putaran aku berusaha memaksakan ban, mengerem terlambat, berusaha menyalip beberapa pebalap. Dan kemudian ketika aku tiba di urutan ketiga, aku bilang 'aku punya dua momen bagus di dua sektor' di mana aku sungguh kencang, aku memulihkan semuanya."

"Aku bilang ke diri sendiri 'Alex, cobalah untuk menuntaskan balapannya'. Namun di beberapa putaran terakhir kecepatannya tidak terlalu buruk, aku sukses melewati Jack jadi aku sangat senang bisa finis kedua, kami harus terus seperti ini," cetus Rins usai MotoGP Amerika Serikat.

(rin/krs)