Fabio Quartararo Menembus Batas

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 25 Apr 2022 04:00 WIB
MotoGP rider Fabio Quartararo of France reacts after winning the Algarve Motorcycle Grand Prix, at the Algarve International circuit near Portimao, Portugal, Sunday, April 24, 2022. (AP Photo/Jose Breton)
Kemenangan yang melegakan Fabio Quartararo (AP/Jose Breton)
Portimao -

Fabio Quartararo akhirnya meraih kemenangan perdananya musim ini. Ini berkat kerja keras Quartararo sepanjang balapan MotoGP Portugal 2022. Top!

Quartararo mendatangi seri kelima MotoGP 2022 di Portimao, Minggu (24/4/2022) malam WIB, dengan situasi yang kurang oke. Sebab dari empat seri sebelumnya, Quartararo belum pernah menang.

Pencapaian terbaik Quartararo cuma finis kedua di MotoGP Mandalika dan terpuruk di Qatar (9), Argentina (8), serta Austin (7). Ini tentu bukan start yang diinginkan olehnya sebagai juara bertahan.

Maka dari itu ketika MotoGP kembali ke Eropa mulai pekan ini, Quartararo punya harapan. Meski cuma start dari posisi kelima di balapan MotoGP Portugal, Quartararo langsung melesat sedari lap pertama.

Quartararo kemudian mengambil alih balapan dari Joan Mir di lap ketiga dan mempertahankannya hingga akhir. Quartararo seperti tak tersentuh sepanjang balapan dengan selisih 5,4 detik dari Johann Zarco yang finis kedua.

Bahkan selisih itu bisa lebih besar andaikan Quartararo tak menurunkan intensitasnya di lima lap terakhir. Quartararo pun bahagia dengan kemenangan perdananya musim ini yang lahir berkat upaya kerasnya menggeber motor YZR-M1.

Momentumnya adalah ketika berhasil menyalip Mir, dan langsung melajukan motor sekencang-kencangnya agar tidak terkejar lawan. Tentunya hasil ini modal untuk Quartararo menjalani paruh pertama musim setelah awal yang kurang menyenangkan.

"Saya bisa menang karena berupaya sekeras mungkin menembus batas kemampuan. Jujur, saya pun berusaha sekeras itu di Argentina dan Austin, tapi motor kami lebih oke di sini. Tidak ada trek lurus, dan kami punya grip sehingga bisa punya kesempatan untuk tancap gas," ujar Fabio Quartararo di situs resmi Yamaha.

"Saya merasa luar biasa sedari sesi pemanasan hari ini. Saya punya start bagus saat balapan. Saya ingin tampil agresif sejak awal karena kami akan kesulitan ketika tertinggal. Dan kami melakukannya! Saya sangat senang karena bisa meraih kemenangan pertama saya,' sambungnya.

"Yang terpenting untuk saya adalah jangan menyerah dan itulah yang terpenting."

Quartararo kini memuncaki klasemen MotoGP dengan 69 poin, unggul kemenangan atas Alex Rins di posisi kedua yang punya poin sama dan tiga poin atas Aleix Espargaro di posisi ketiga.

(mrp/raw)