MotoGP Portugal 2022: Quartararo Akhiri Puasa Kemenangan

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 24 Apr 2022 20:01 WIB
Frances Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP drives his motorcycle during the free practice at the circuit in Termas de Rio Hondo, Argentina, Saturday, April 2, 2022. (AP Photo/Nicolas Aguilera)
Menang di MotoGP Portugal, Fabio Quartararo akhiri puasa kemenangan, (Foto: AP/Nicolas Aguilera)
Portimao -

Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, juara di MotoGP Portugal 2022. El Diablo pun mampu menyudahi puasa kemenangan dalam 10 balapan.

Dalam balapan di Algarve International Circuit, Minggu (24/4/2022) malam WIB, Quartararo menjadi pemenang setelah melahap 25 lap dengan catatan waktu 41 menit 39,611 detik.

Melengkapi podium pada MotoGP Portugal 2022 ada rider Pramac Ducati, Johann Zarco, dan pebalap Aprilia, Aleix Espargaro. Marc Marquez menyelesaikan race di posisi keenam, sementara Bagnaia ada di urutan kedelapan.

Quartararo pun menyudahi puasa kemenangan di MotoGP. Dia gagal menjadi yang tercepat dalam 10 balapan, kemenangan terakhir didapat saat membalap di MotoGP Inggris musim lalu.

Kemenangan ini juga menandai kemenangan perdana pabrikan Jepang di MotoGP 2022. Sebelumnya, Ducati (2 kali), KTM, dan Aprilia yang berhasil menjadi pemenang.

Dengan hasil ini, Quartararo kini mengumpulkan 69 poin di klasemen MotoGP 2020. Rider 22 tahun itu pun ada di posisi teratas.

Jalannya Balapan

Joan Mir mampu melakukan start bagus. Menempati posisi kedua, dia bisa melesat terdepan. Fabio Quartararo mampu menembus posisi kedua dari posisi kelima.

Quartararo menyalip Joan Mir dalam sebuah trek lurus menjelang tikungan pertama. El Diablo menjadi yang terdepan saat balapan berjalan tiga lap.

Jorge Martin menjadi pebalap pertama yang menyudahi balapan MotoGP Portugal paling cepat. Saat race menyisakan 20 putaran, dia kehilangan cengkeraman pada ban depan. Rider Spanyol itu crash hingga tak bisa lanjut.

Bastianini gagal finis. Saat sudah menembus posisi ke-10 dari start ke-18, rider Italia itu malah crash saat balapan menyisakan 15 putaran lagi. Rider berjatuhan setelah itu, Takaaki Nakagami yang jatuh di tikungan ke-14 satu lap setelah Bastianini crash.

Saat balapan tinggal menyisakan 10 lap, Quartararo sudah berjarak 4,436 detik dari pebalap di posisi kedua, Mir.

Pertarungan untuk memperebutkan posisi podium seru antara tiga rider, Mir, Zarco dan Miller. Zarco bisa menyalip Mir saat balapan tinggal sembilan putaran. Brad Binder gagal melanjutkan balapan pada lap ke-17. Dia crash pada tikungan ke-11.

Miller dan Mir kecelakaan! Pada tikungan pertama saat lap ke-18, Miller kehilangan grip. Dia crash hingga motornya menerjang Mir. Keduanya crash hingga harus menuju paddock.

Quartararo terus memimpin balapan hingga lap ke-20. Jaraknya dengan Zarco di posisi kedua ada di angka 5,779 detik. Hingga sisa balapan dia tak terkejar, mampu menjadi pemenang di MotoGP Portugal.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)