Jorge Lorenzo Resmi Masuk MotoGP Hall of Fame

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Minggu, 01 Mei 2022 05:00 WIB
Jorge Lorenzo masuk MotoGP Hall of Fame.
Jorge Lorenzo resmi masuk MotoGP Hall of Fame. (Foto: MotoGP)
Jakarta -

Jorge Lorenzo resmi masuk MotoGP Hall of Fame. Pemilik tiga titel juara dunia MotoGP tersebut resmi diperkenalkan sebagai legenda jelang MotoGP Spanyol 2022.

Sirkuit Jerez menggelar balapan MotoGP Spanyol, Minggu (1/5/2022) malam WIB. Sirkuit ini pula yang menjadi titik mula perjalanan karier Jorge Lorenzo menuju MotoGP.

Ia debut di Kejuaraan Dunia 125cc di Jerez pada 2002 silam. Lorenzo lantas naik kelas ke 250cc tiga tahun berselang dan merebut dua gelar juara dunia.

Suksesnya itu membawanya naik ke kelas primer, MotoGP, pada 2008. Di MotoGP, pebalap asal Mallorca itu merebut tiga gelar juara dunia pada 2010, 2012, dan 2015.

Sepanjang kariernya itu, ia memenangi 68 balapan dan naik podium sebanyak 152 kali. Kini ia resmi menyusul nama-nama legenda MotoGP di Hall of Fame seperti Valentino Rossi, Giacomo Agostini, Mick Doohan, Angel Nieto, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Dani Pedrosa, hingga Nicky Hayden.

"Saya tiba di sini 20 tahun lalu, di trek ini, untuk melakoni debut dan saya masih 14 tahun pada hari Jumat kala itu. Lalu saya meninjau beberapa tikungan dengan skuter dan saya melihat sosok-sosok seperti Cecchinello, Ueda, Vincent, Pedrosa, Poggiali, semua menunggangi motor. Buat saya, mereka adalah pahlawan," ungkap Jorge Lorenzo dalam rilis yang diterima detikSport.

"Dan saya melihat mereka balapan dengan sangat agresif dan kencang, lalu saya membayangkan apakah suatu hari bisa mencapai level itu. Sekarang saya diberikan kehormatan untuk menjadi seorang legenda MotoGP dari Dorna, dari Carmelo (Ezpeleta), yang sudah selalu memperlakukan saya dengan sangat baik, dan ini berarti lebih besar ketimbang kejuaraan yang saya menangni."

"Sebab semua legenda MotoGP adalah juara besar, tapi tidak semua juara bisa dinamakan sebagai legenda. Jadi saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari grup menakjubkan ini, nama-nama ini. Saya sangat beruntun, sangat berterima kasih bisa menjalani hidup seperti ini berkat MotoGP."

Saksikan juga Sosok Minggu Ini: Layanan Ojek Online Dengan Pengemudi Difabel, Karya Triyono

[Gambas:Video 20detik]



(raw/mrp)