Bagnaia Juara, Ducati Menang Lagi di Jerez

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 01 Mei 2022 23:41 WIB
First placed MotoGP rider Francesco Bagnaia of Italy, celebrates with teammates at the end of the MotoGP race at the Circuito de Jerez – Angel Nieto in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 1, 2022. (AP Photo/Jose Breton)
Bagnaia juara MotoGP Spanyol 2022, Ducati menang lagi di Jerez setelah 16 tahun. (Foto: AP/Jose Breton)
Jerez -

Francesco Bagnaia tampil dominan untuk keluar sebagai juara MotoGP Spanyol 2022. Kemenangan Bagnaia ini sekaligus membuktikan taji Ducati di Jerez.

Pada balapan di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5/2022), Bagnaia start dari grid pertama. Pebalap Italia itu langsung melesat sejak awal dibuntuti Fabio Quartararo.

Meski demikian, Bagnaia tidak benar-benar mendapatkan gangguan berarti dari rival terdekatnya itu. Pada akhirnya, Bagnaia melintasi garis finis terdepan dengan keunggulan 0,285 detik dari Quartararo untuk meraih kemenangan pertamanya di MotoGP 2022.

Kemenangan Bagnaia ini berarti kemenangan back to back pertama Ducati di Jerez. Sebelumnya, kemenangan terakhir pabrikan Italia itu dipersembahkan oleh Jack Miller pada 2021 yang naik podium tertinggi setelah mengungguli Bagnaia dan Franco Morbidelli.

Sementara itu Sirkuit Jerez selama ini dikenal bukan tempat yang 'ramah' bagi pabrikan Italia itu. Tercatat Ducati hanya tiga kali memenangi kelas premier di mana Loris Capirossi mempersembahkan kemenangan pertama pada 2006.

"Ini adalah hari yang indah," ucap Bagnaia dilansir Corsedimoto. "Sebelumnya rasanya aku mau menangis. Aku tadi terharu, mungkin ini adalah kemenangan paling menyakitkan karena kami menjalani periode yang sulit."

"Karena alasan yang bermacam-macam potensi kami tidak pernah terlihat. Hari ini dengan kondisi yang bagus aku datang dengan kesiapan untuk balapan."

"Kami sudah tahu kami bisa bersaing di balapan ini, sekalipun aku tidak dapat melahap banyak putaran di hari-hari sebelumnya (karena cedera bahu)," Bagnaia menambahkan.

Kemenangan di MotoGP Spanyol 2022 turut mendongkrak posisi Francesco Bagnaia di klasemen MotoGP. Berkat memperoleh 25 poin tambahan, Bagnaia naik ke urutan kelima usai mengumpulkan 56 poin, terpaut 33 poin dari Quartararo di posisi teratas.

(rin/krs)