Aleix Espargaro Sudah Tahu Miller-Marquez Akan Bikin Kesalahan

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 02 Mei 2022 05:17 WIB
Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro competes in the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on May 1, 2022. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)
Aleix Espargaro memenangi duel posisi ketiga dengan Jack Miller dan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2022. (Foto: AFP/JORGE GUERRERO)
Jerez -

Rider Aprilia Aleix Espargaro kembali naik podium setelah finis ketiga di MotoGP Spanyol 2022. Espargaro diuntungkan dengan kesalahan Jack Miller dan Marc Marquez.

Espargaro start dari grid ketiga pada balapan di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5/2022) malam WIB. Pebalap Spanyol itu tercecer di posisi kelima sehingga gagal bersaing dengan Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia di rombongan terdepan.

Espargaro kemudian terlibat pertarungan perebutan podium ketiga yang ketat bersama Miller dan Marquez yang berada di depannya. Di tikungan 13, Espargaro berhasil menyalip Miller dari sisi dalam, kemudian Marquez yang ada di posisi ketiga ikut melebar. Pada prosesnya Espargaro lah yang menempati posisi ketiga yang lantas dia dipertahankan sampai akhir balapan.

Hasil ini menandai podium ketiga back to back bagi Aleix Espargaro setelah meraih hasil serupa di Portimao, sepekan lalu. Terkait pertarungannya dengan Jack Miller dan Marc Marquez, Espargaro mengaku dirinya sudah menduga bahwa kedua rivalnya itu akan membuat kesalahan.

"Seandainya aku memaksa untuk menyalip, aku akan mengenai Marc," ucap Espargaro dikutip Speedweek. "Jadi aku harus mengaku pada diriku sendiri bahwa aku tadi memang tidak balapan untuk memburu kemenangan dan aku harus wait and see."

"Di akhir balapan, aku memperhatikan bahwa dua pebalap di depanku tidak mampu menjaga garis balap mereka dan aku yakin mereka pasti akan membuat kesalahan. Saat aku menyalip Jack, Marc toh melebar dan aku malah melewati keduanya."

"Di tiga putaran kemudian aku mampu melaju setengah detik lebih cepat. Aku memiliki kecepatan yang bagus. Aku akan lebih dekat dengan pebalap-pebelap di depan tapi mungkin tidak akan cukup untuk menang. Aku sangat senang dengan tempat ketiga," Aleix Espargaro menambahkan usai MotoGP Spanyol 2022.

(rin/krs)