Resmi! MotoGP Finlandia 2022 Batal

Randy Prasatya - Sport
Rabu, 25 Mei 2022 20:59 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - FEBRUARY 16:  A detail photo of the MotoGP logo during MotoGP Testing at the Circuito de Jerez, on February 16, 2008 in Jerez, Spain.  (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)
MotoGP Finlandia batal digelar tahun ini. Foto: Bryn Lennon/Getty Images
Jakarta -

Tanda tanya terkait perhelatan MotoGP Finlandia saat ini menemui kepastian. Dorna Sports mengumumkan perhelatan di negara tersebut batal!

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan berat hati memaksa pembatalan Grand Prix Finlandia pada tahun 2022," tulis pernyataan Dorna Sport dikutip dari laman resmi MotoGP.

"Karena itu, semua pihak sepakat bahwa debut sirkuit (KymiRing) harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade," lanjut pernyataan Dorna.

Rumor batalnya Finlandia menggelar MotoGP 2022 sudah berhembus sejak bulan Maret. Sirkuit Kymi Ring tak kunjung memenuhi syarat homologasi.

Batalnya seri di Finlandia tahun ini membuat jumlah race berkurang, yang tadinya ada 21 menjadi 20 grand prix. Padahal, MotoGP di Finlandia sudah dijadwalkan bergulir pada 10 Juli mendatang.

"Oleh karena itu, kalender Kejuaraan Dunia MotoGP FIM 2022 final terdiri dari 20 putaran," pungkas Dorna.

MotoGP Finlandia terakhir digelar pada 1982. Balapan berlangsung di sirkuit jalan raya di Imatra. Tahun ini, MotoGP Finlandia rencananya akan menjadi seri ke-12. Race itu berlangsung usai balapan MotoGP Jerman.

Sebanyak 60 ribu penonton ditargetkan akan menyaksikan balapan secara langsung di Kymi Ring. Tapi, dengan invasi Rusia ke Ukraina, hal itu tampaknya akan sulit terwujud. Finlandia menutup jalur kereta ke St Petersburg.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)