Marquez Korbankan MotoGP 2022 demi Berjaya di MotoGP 2023

Adhi Prasetya - Sport
Minggu, 29 Mei 2022 15:20 WIB
SCARPERIA, ITALY - MAY 28: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team speaks speaks about his injury and upcoming surgery during the qualifying practice of the MotoGP Gran Premio d’Italia Oakley at Mugello Circuit on May 28, 2022 in Scarperia, Italy. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Marquez akan menjalani operasi di AS usai MotoGP Italia. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Scarperia -

Marc Marquez akan menjalani operasi untuk memulihkan lengan kanannya akhir bulan ini. Ia memilih mengorbankan peluang juara MotoGP musim ini, agar bisa tampil maksimal pada musim depan.

Marquez akan terbang ke Minnesota, Amerika Serikat untuk menjalani operasi keempat demi memulihkan lengan kanannya yang mengalami cedera tulang humerus dalam kecelakaan di Sirkuit Jerez pada Juli 2020 silam.

Cedera itu sempat dikira membaik pada musim lalu, terlebih ia sempat memenangi tiga balapan meski tak bersaing merebut gelar juara. Namun rupanya Marquez masih belum merasa fit 100 persen.

Di musim ini, Marquez belum pernah meraih podium sama sekali. Bekas cedera di lengan kanan itu masih mengganggu dirinya dalam balapan, sehingga tak bisa tampil maksimal. Crash yang beberapa kali dialami juga tak membantunya cepat pulih.

Akhirnya, juara dunia delapan kali itu memilih mengambil risiko. MotoGP Italia 2022 akan menjadi 'balapan terakhir' sebelum operasi. Setelahnya, Marquez akan fokus menjalani pemulihan.

Sampai kapan? Ia sendiri belum bisa memastikan, namun sampai benar-benar pulih 100 persen. Meski demikian, Marquez sudah siap mengambil risiko terburuk, yakni tak kembali di musim ini.

Ia tak masalah gagal menjadi juara dunia tahun ini, demi kembali menjadi yang terkuat musim depan. Pada MotoGP 2023, ia bertekad kembali ke barisan terdepan, kembali bersaing meraih trofi, bukan finis di papan tengah.

"Tapi tujuan saya sama, untuk kembali dan semua hal yang dilakukan sekarang ini hanya persiapan untuk 2023. Saya ingin berterima kasih ke Honda karena mereka sangat menghormati keputusan saya dan sangat mendukung saya," ujar Marquez, dikutip Crash.

"Melakukan operasi di tengah musim jelas bukan jalan terbaik, tapi ini yang terbaik untuk masa depan saya. Ini yang saya percayai dan yang akan kami lakukan, sebab dokter juga bilang ke saya, berhentilah, datang ke sini (Minnesota)," jelas rider Honda itu.

Simak video 'Marquez Jelaskan Alasan Dirinya Bakal Naik Meja Operasi Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/krs)