ADVERTISEMENT

Penyesalan Bastianini Gagal Finis di Mugello

Lucas Aditya - Sport
Senin, 30 Mei 2022 20:20 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 14: Enea Bastianini of Italy and Gresini Racing MotoGP on the pitlane exit during during the qualifying session of the MotoGP SHARK Grand Prix de France at Bugatti Circuit on May 14, 2022 in Le Mans, France. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Enea Bastianini menyesal gagal finis di MotoGP Italia.(Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Rider Gresini Racing, Enea Bastianini, gagal finis di MotoGP Italia 2022. Rider 23 tahun itu mengungkap penyebab dirinya terjatuh juga mengucap penyesalan.

Saat membalap di Sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022) malam WIB, Bastianini crash saat balapan menyisakan sebanyak 10 lap. Dia ada di belakang Aleix Espargaro.

Slipstream dari rider Aprilia itu disebut oleh Bastinanini membuat laju motor Ducati tunggangannya terlalu kencang di salah satu tikungannya. Itu mengakibatkan dirinya mencium gravel.

Bastianini sebenarnya sudah naik empat posisi dari saat start. Dia mengawali balapan dari posisi ke-10.

"Sangat disayangkan padahal kami sangat kompetitif dan sangat kencang. Kurang beruntung, saya terseret slipstream dari Aleix, dan terlalu kencang masuk tikungan empat, sehingga membuat ban depan tergelincir. Sedangkan akan sangat merepotkan melakukan slipstream di Mugello," kata Bastianini dalam rilis yang diterima detikSport.

Sementara itu, rekan setim Bastianini, Fabio Di Gianntonio, gagal memanfaatkan posisi start terdepan. Dia finis ketujuh, mengungkapkan kendala saat balapan.

"Sayang sekali dengan hasil balapan, saya pikir kesalahan pemilihan ban membuat semuanya jadi sulit. Saya tak pernah menjumpai balapan seperti ini agar motor tetap stabil. Kami bisa saja berada di grup kedua dan bersaing untuk posisi 7 atau delapan, tapi kami masih ada langkah selanjutnya," kata rider tim yang didukung Federal Oil itu.

Meski gagal menggapai poin pada seri kali ini, Bastianini tetap bertahan di posisi ketiga klasemen MotoGP 2022. Dia mengumpulkan 94 poin.

Jarak Bastianini dengan Fabio Quartararo di posisi pertama klasemen MotoGP 2022 kini melebar. El Diablo kini unggul 28 angka.

MotoGP 2022 akan langsung lanjut pada akhir pekan ini. MotoGP Catalunya yang akan menjadi sajiannya.

"Berharap kedua pembalap bisa tampil lebih baik dan bikin bangga Indonesia, terutama untuk Bastianini bisa mengejar ketertinggalan dan berkompetisi di titel Juara Dunia MotoGP 2022. Melihat Diggia yang sudah kompetitif, tak sabar melihatnya bisa naik podium," kata Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

(cas/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT