Jack Miller Dijatuhi Penalti Usai Jatuh di FP4 MotoGP Jerman 2022

ADVERTISEMENT

Jack Miller Dijatuhi Penalti Usai Jatuh di FP4 MotoGP Jerman 2022

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 19 Jun 2022 04:30 WIB
MotoGP - German Grand Prix - Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Germany - June 18, 2022 Ducati Lenovos Jack Miller in action during qualifying REUTERS/Lisi Niesner
Jack Miller dijatuhi long lap penalty yang akan dijalankan di balapan MotoGP Jerman 2022. (Foto: REUTERS/LISI NIESNER)
Sachsenring -

Jack Miller akan menghadapi balapan yang lebih rumit di MotoGP Jerman 2022. Miller dijatuhi long lap penalty menyusul insiden di latihan bebas keempat.

Hukuman tersebut didapatkan pebalap Ducati itu setelah jatuh di tikungan terakhir pada sesi di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (18/6). Masalahnya ketika itu bendera kuning masih dikibarkan usai kecelakaan yang dialami Aleix Espargaro.

"Aku melihat bendera kuning dan sungguh-sungguh berkata kepada diriku sendiri 'jangan jatuh...' dan mengerem lebih awal kemudian yang kutahu selanjutnya aku jatuh. Tentu saja, aku jatuh saat bendera kuning tapi aku akan pergi dan mengaku karena aku memang tidak berusaha untuk memperbaiki waktuku, anda bisa tahu dari sektor dan dataku," kata Miller sebelum dijatuhi hukuman di Crash.

"Apa yang terjadi terjadilah. Toh ada beberapa pebalap di akhir pekan ini yang memakai ban lalu merasakan getaran di bagian depan. Aku tidak tahu sebabnya, tapi kami sedang mempersiapkan data dan kita lihat saja apa yang [steward FIM] katakan."

Jack Miller menyelesaikan Kualifikasi MotoGP Jerman 2022 di posisi keenam. Dari hasil investigasinya, Steward FIM kemudian menjatuhkan long lap penalty kepada Miller yang akan diterapkan di balapan Minggu (19/6).

"Pada 18 Juni 2022 pukul 14.02 saat sesi FP4 MotoGP Jerman berlangsung, anda [Miller] ditemukan jatuh dengan tidak menghormati bendera kuning yang sudah dikibarkan akibat kecelakaan di Tikungan 13," bunyi pernyataan Steward.

"Hal ini bertentangan dengan instruksi khusus yang diberikan kepada peserta MotoGP dan tim, mengganggu sesi, dan dianggap menunggangi motor secara tidak bertanggung jawab karena menyebabkan kompetitor lain dalam bahaya."

"Dengan demikian ada pelanggaran dari Pasal 1.21.2 atas regulasi Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM. Atas alasan-alasan di atas, Panel Steward FIM MotoGP menjatuhkan long lap penalty untuk balapan MotoGP Jerman."

Sanksi tersebut praktis akan mengganggu usaha Jack Miller kembali ke podium setelah dua balapan mengecewakan di Mugello dan Catalunya. Sepanjang MotoGP 2022, Miller belum sekalipun memenangi balapan dengan pencapaian terbaiknya hanyalah dua kali finis tiga besar di Austin dan Le Mans.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT