MotoGP Jerman: Quartararo Juara, Yamaha Hapus Puasa Gelar di Sachsenring

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 19 Jun 2022 20:00 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 18: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP enters parc ferme during the qualifying session of the MotoGP Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland at Sachsenring Circuit on June 18, 2022 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Fabio Quartararo juara MotoGP Jerman, membawa Yamaha buka puasa kemenangan di Sachsenring. (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Hohenstein-Ernstthal -

Fabio Quartararo menjadi juara MotoGP Jerman 2022. El Diablo menghapus puasa gelar Yamaha di Sachsenring selama 13 tahun.

Saat balapan di Sirkuit Sachsenring, Minggu (19/6/2022) malam WIB, Quartararo mampu tampil dominan. Start kedua, dia merebut posisi terdepan sejak tikungan pertama.

Setelah itu, Quartararo tak terkejar, melahap 29 lap dengan catatan waktu 41 menit 12,816 detik. Dia mampu menjadi pebalap pertama Yamaha sejak 2009 yang berhasil menang di Sachsenring. Sebelumnya, Valentino Rossi yang mengantarkan Yamaha menjadi juara di MotoGP Jerman.

Honda mampu mendominasi dalam delapan balapan terakhir. Marc Marquez mengantarkan pabrikan Jepang itu juara dalam delapan tahun berurutan.

Dengan kemenangan ini, Quartarao kian kukuh di posisi pertama klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 172 poin.

Jalannya balapan

Quartararo menjalani start bagus! Dia bisa menyalip Bagnaia saat menikung di tikungan pertama.

Selama dua lap, Quartararo menjadi yang terdepan. Bagnaia mengalami petaka pada tikungan pertama lap kedua, dia jatuh hingga gagal melanjutkan balapan. Pada lap yang sama, Jian Mir juga jatuh.

Lima lap bejalan, Takaaki Nakagami juga jatuh. Rider LCR Honda itu mencium gravel di sektor 3.

Quartararo terus menjadi yang terdepan hingga 13 putaran.Dia sudah unggul 1,595 detik dari Johann Zarco yang ada di posisi kedua.

Jack Miller merangkak naik! Saat balapan menyisakan 13 putaran, rider Ducati itu mempu melewati Maverick Vinales untuk merebut posisi keempat. Kini, dia mengejar Aleix Espargaro untuk merebut podium ketiga. Vinales akhirnya gagal finis. Dia mengalami masalah pada motornya.

Tiga lap tersisa, Aleix Espargaro disalip oleh Jack Miller. Rider Aprilia itu melakukan kesalahan hingga bisa didahului oleh pebalap nomor 43 itu.

Quartararo ngacir di depan. Hingga balapan menyisakan dua lap, rider 24 tahun itu berjarak lebih dari 5 detik dari Zarco di posisi kedua.

Dalam 29 lap, Quartararo berhasil finis pertama. Dia pun meraih kemenangan ketiga di MotoGP 2022. Kemenangan lain didapat di MotoGP Catalunya dua pekan lalu dan saaat balapan MotoGP Portugal.

Hasil MotoGP Jerman

1. Fabio Quartararo - 41 menit 12,816 detik
2. Johann Zarco
3. Jack Miller
4. Aleix Espargaro
5. Luca Marini
6. Jorge Martin
7. Brad Binder
8. Fabio Di Giannanonio
9. Miguel Oliveira
10. Enea Bastianini



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)