Honda Tanpa Hasil di MotoGP Jerman 2022

Lucas Aditya - Sport
Senin, 20 Jun 2022 06:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 05: Alberto Puig and Stefan Bradl of Germany and Repsol Honda Team at the starting grid during the race of the MotoGP Gran Premi Monster Energy de Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 05, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Honda tanpa hasil di MotoGP Jerman 2022, Stefan Bradl cuma finis ke-16. (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Dominasi Honda di MotoGP Jerman berakhir tahun ini. Pabrikan Jepang itu pulang dengan tangan hampa dari balapan di Sachsenring.

Dalam race ke-10 MotoGP 2022, pebalap Yamaha, Fabio Quartararo yang menjadi pemenangnya. Dalam 29 putaran, El Diablo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 12,816 detik.

Dengan kemenangan itu, Yamaha mengakhiri puasa gelar sejak 2009. Terakhir kali ada rider Yamaha menang di MotoGP Jerman adalah Valentino Rossi yang menang di tahun itu.

Honda dan Marc Marquez lalu mendominasi pada rentang 2010-2021. Dani Pedrosa, rekan setim Baby Alien, menjadi juara pada 2010-2012. Setelah itu, Marc Marquez menjadi juara delapan kali beruntun.

Honda masih belum tampil bagus hingga balapan ke-10 MotoGP 2022. Raihan terbaik mereka saat menggapai podium ketiga di MotoGP Qatar 2022, Pol Espargaro yang meraihnya.

Di MotoGP Jerman, Pol Espargaro gagal finis. Dia gagal finis saat balapan tinggal menyisakan delapan putaran.

Pebalap Repsol Honda lainnya, Stefan Bradl, finis ke-16 hingga tak bisa meraih poin. Sementara rider tim satelit, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, juga tak bisa menyelesaikan balapan.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan, saya mempunyai masalah dengan mengendarai motor dalam dengan cuaca panas ini," kata Bradl di situs Honda.

"Setelah mengikuti pebalap lain di beberapa tikungan pertama, saya tak bisa mengerem karena tangan kanan saya, tuasnya, menjadi sangat panas dan saya tak bisa mengendalikan motor," kata dia menambahkan.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/raw)