ADVERTISEMENT

Fabio Quartararo Maksain Diri atau Timnya yang Minta ke Lintasan Lagi?

Kris Fathoni W - Sport
Minggu, 26 Jun 2022 22:33 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP and France during the MotoGP of Netherlands at TT Assen on June 26, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Patrick Goosen/BSR Agency/Getty Images)
Fabio Quartararo dua kali terjatuh di sirkuit Assen dalam race MotoGP Belanda 2022. Foto: Getty Images/BSR Agency
Jakarta -

Predikat DNF alias tidak finis disandang Fabio Quartararo di MotoGP Belanda 2022, usai jatuh dua kali. Kenapa Quartararo lanjut race lagi usai crash-nya yang pertama?

Quartararo membuat kesalahan di Turn 5 Sirkuit Assen, Minggu (26/6) malam WIB, sehingga mengalami lowside sampai meluncur keluar lintasan. Insiden ini ikut bikin Aleix Espargaro terimbas ikut keluar trek, walaupun tak sampai jatuh.

Pada prosesnya, kedua rider masih bisa melanjutkan balapan usai insiden tersebut. Secara khusus untuk Quartararo, ia lanjut balapan setelah sempat balik ke pit lane dan berdiskusi dengan timnya.

Pada prosesnya, balapan Fabio Quartararo sungguh berakhir setelah insiden berikutnya. Di akhir Turn 5, rider Monster Energy Yamaha MotoGP itu terpelanting dari motor dalam kecelakaan highside.

Michael Laverty, rider MotoGP periode 2013-2015, tak habis pikir kenapa Quartararo balik lagi ke lintasan usai crash yang pertamanya mengingat kondisi motor yang sudah tidak ideal usai insiden tersebut.

Ia menduga bukan Quartararo yang memaksakan diri. Laverty memperkirakan alasannya adalah karena Yamaha yang memang menginstruksikan ridernya itu untuk balik ke lintasan.

"(Mungkin demi) satu atau dua poin di klasemen," katanya kepada BT Sport yang dilansir Crash.net.

"Fabio terlihat tidak ingin melakukannya. Motornya sudah mengalami kerusakan, bannya sudah dingin, mungkin sebuah sensornya juga copot."

"Motornya sudah tidak lagi bisa dibawa luwes, ini pada akhirnya berimbas kepada dirinya terlempar dari motor. Itu bisa saja bikin (patah) tulang selangkanya," ujar Laverty mengenai insiden yang dialami Fabio Quartararo, pemuncak klasemen sementara sekaligus juara bertahan MotoGP, di MotoGP Belanda 2022.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT