ADVERTISEMENT

Yamaha Pertanyakan Long Lap Penalty untuk Quartararo

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 27 Jun 2022 11:30 WIB
Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo dalam balapan MotoGP Belanda 2022 yang digelar di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022).
Quartararo terjatuh dan menyeret Espargaro ke gravel, meski tak ikutan jatuh. Foto: Twitter @GarethHarford
Assen -

Fabio Quartararo diganjar long lap penalty usai terjatuh dan mengganggu balapan Aleix Espargaro di MotoGP Belanda 2022. Yamaha menilai keputusan itu tak adil, sebab ada banyak insiden serupa yang tak mendapat hukuman serupa.

Pada balapan di Assen, Minggu (26/6/2022) kemarin, Quartararo terjatuh dan menyenggol Espargaro saat hendak menyalip rider Aprilia itu dari sisi dalam tikungan 5 di lap kelima.

Akibatnya, posisi Quartararo melorot ke urutan paling belakang, sementara Espargaro yang tak jatuh akhirnya turun ke posisi 15 karena sempat masuk gravel. Quartararo kemudian melanjutkan lomba, namun kembali terjatuh di lokasi yang sama dan gagal finis.

Sementara Espargaro akhirnya berhasil tampil memukau, melakukan banyak overtake dan akhirnya finis di posisi empat, namun Quartararo tetap dinyatakan bersalah oleh steward karena memaksakan diri menyalip, padahal posisinya tak memungkinkan.

"Panelis stewards FIM MotoGP menilai Quartararo kelewat ambisius dalam usaha menyalip A. Espargaro. #20 tidak dalam posisi untuk melakukannya dengan sukses, dan pada akhirnya jatuh dengan mengenai #41 sekaligus membuatnya keluar lintasan," demikian rilis MotoGP yang diterima detikSport.

Kejadian ini dinilai janggal oleh direktur Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli. Ia sadar bahwa ada beberapa kecelakaan serupa yang terjadi di musim ini, namun tak mendapat hukuman apa-apa.

Contohnya saat Francesco Bagnaia terjatuh saat hendak menyalip Jorge Martin di MotoGP Qatar, membuat rider Spanyol itu juga ikut-ikutan gagal finis. Atau saat Takaaki Nakagami crash di MotoGP Catalunya hingga membuat pergelangan tangan Alex Rins patah.

"Kami memandang crash pertama Fabio sebagai insiden balapan, dan merasa keputusan Race Direction memberinya hukuman untuk balapan berikutnya bukan saja terlalu keras, mengingat dia tak bikin jatuh siapapun dan Aleix masih bisa mencetak poin, tapi juga tak konsisten dengan beberapa kejadian serupa yang terjadi sebelumnya namun tak dijerat hukuman," ujar Meregalli, dikutip Crash.

"Kami akan menggunakan jeda musim panas ini untuk mengevaluasi balapan ini dan mempersiapkan diri untuk balapan selanjutnya Silverstone," katanya menambahkan.

MotoGP 2022 akan rehat selama sekitar sebulan. Balapan selanjutnya yakni MotoGP Inggris yang akan digelar pada 7 Agustus. Di sanalah Quartararo akan menjalani long lap penalty yang diberikan padanya atas kejadian di Assen.

(adp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT