ADVERTISEMENT

Fabio Quartararo Ngaku Diminta Tim Balik ke Lintasan Usai Jatuh

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 27 Jun 2022 06:35 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP and France during the MotoGP of Netherlands at TT Assen on June 26, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Patrick Goosen/BSR Agency/Getty Images)
Fabio Quartararo dua kali jatuh sampai DNF di MotoGP Belanda 2022. Foto: Getty Images/BSR Agency
Jakarta -

Setelah dua kali jatuh, Fabio Quartararo DNF di MotoGP Belanda 2022. Keputusan balik ke lintasan usai insiden pertama rupanya karena instruksi tim.

Kesalahan dari Quartararo di Turn 5 Sirkuit Assen, Minggu (26/6) malam WIB, membuatnya lowside sampai meluncur keluar lintasan. Aleix Espargaro tersenggol dan ikut keluar lintasan, walaupun tak jatuh dari motor.

Kedua rider lantas melanjutkan balapan. Kalau Espargaro pada akhirnya sukses finis keempat, Quartararo malah jatuh lagi. Kali ini lebih telak, lewat sebuah insiden highside yang membuatnya terlontar ke udara.

Michael Laverty, rider MotoGP periode 2013-2015, menduga bahwa Fabio Quartararo sebenarnya terlihat enggan balik ke lintasan usai crash pertamanya. Apalagi motornya sudah tampak tak ideal untuk melaju lagi.

Rider Monster Energy Yamaha MotoGP itu memang sempat balik ke pit lane dan berdiskusi dengan timnya sebelum kemudian kembali ke lintasan, sebelum akhirnya mengalami insiden kedua.

Usai balapan MotoGP Belanda 2022, Fabio Quartararo mengaku keputusan balik ke lintasan memang instruksi timnya. Pertimbangannya, cuaca terlihat akan hujan sehingga ada peluang untuk mengganti motor.

"Aku tak tahu (kenapa)!" kata Quartararo ketika ditanya mengenai alasan balik ke lintasan usai crash pertama, seperti dilansir Crash.net.

"Pada dasarnya, (saat itu) aku (ketinggalan) satu lap. Aku ke pit karena merasa ada masalah, tapi tim memintaku kembali ke lintasan karena mungkin akan turun hujan."

Mengenai insiden highside yang ia alami di lap ke-12 MotoGP Belanda 2022, juga pada Turn 5, juara bertahan MotoGP itu mengaku beruntung tidak mengalami cedera berarti. Usai jatuh, kamera di sirkuit memperlihatkan dirinya kesakitan.

"Aku merasa beruntung tidak ada yang patah," ucap Fabio Quartararo.

Simak video 'Detik-detik Quartararo Terpelanting di MotoGP Belanda':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT