ADVERTISEMENT

Espargaro Senang Pepet Quartararo di Klasemen, tapi Kesal Gagal Menang

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 27 Jun 2022 14:25 WIB
Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro (R) celebrates with Yamaha French rider Fabio Quartararo after taking the pole position after the MotoGP qualifying session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP) (Photo by LLUIS GENE/AFP via Getty Images)
Espargaro menilai dirinya bisa memenangkan MotoGP Belanda, sedangkan Quartararo finis kedua. Foto: AFP via Getty Images/LLUIS GENE
Assen -

Aleix Espargaro berhasil memangkas selisih poin dengan Fabio Quartararo di klasemen MotoGP 2022 usai finis keempat di Assen pada Minggu kemarin. Meski begitu, tetap terselip rasa tak puas dalam dirinya karena gagal memenangkan balapan.

Saat ini, Espargaro mengumpulkan 151 poin usai memperoleh tambahan 13 poin dari MotoGP Belanda. Ia hanya berjarak 21 poin dari Quartararo yang gagal finis dan sama sekali tak membawa pulang angka, namun masih memimpin klasemen.

Meski jarak dengan Quartararo berhasil dipangkas cukup banyak, Espargaro lebih merasa bahagia jika ia bisa finis terdepan di Assen, dan rider Aprilia itu yakin kans untuk itu sebetulnya ada, apalagi jika melihat kecepatan motornya kemarin.

Namun apa boleh buat, Espargaro disenggol Quartararo yang berusaha menyalip, sehingga ia sempat masuk gravel dan melorot ke urutan 15 dari yang awalnya di posisi kedua. Oleh sebab itu, bisa finis posisi empat sudah jadi pencapaian luar biasa.

"Saya harusnya bisa menang hari ini (Minggu) dan Fabio finis kedua (jika tak terjadi insiden). Jika begitu situasinya, maka selisih angka saya dengan Fabio akan berkurang lima poin. Tapi akhirnya saya bisa memangkas 13 poin," ujar Espargaro, dikutip Crash.

"Jadi jika mempertimbangkan posisi di kejuaraan, hasilnya jelas lebih baik. Tapi faktanya saya kehilangan kemenangan."

"Saya sangat yakin bisa menang hari ini. Saya baru menang balapan MotoGP sekali sepanjang karier saya. Jadi saya lebih suka jarak saya dan Fabio terpangkas lima poin saja tapi saya berhasil memenangkan lomba," tegas Espargaro.

MotoGP 2022 akan rehat dulu sebulan sekitar enam pekan. Balapan berikutnya, yakni MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone akan digelar pada 7 Agustus.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT