ADVERTISEMENT

Yamaha Torehkan Catatan Buruk Ini Usai MotoGP Belanda 2022

Yanu Arifin - Sport
Kamis, 30 Jun 2022 20:42 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP and France during the MotoGP of Netherlands at TT Assen on June 26, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Patrick Goosen/BSR Agency/Getty Images)
Momen Fabio Quartararo crash di MotoGP Belanda 2022 akhir pekan lalu. (Foto: Getty Images/BSR Agency)
Assen -

MotoGP Belanda 2022 tidak bersahabat dengan Yamaha. Tim Garpu Tala bahkan menorehkan statistik buruk usai melahap Sirkuit Assen akhir pekan lalu.

MotoGP Belanda 2022 awalnya menjadi kans Yamaha menutup jeda musim panas dengan apik. Sebab ridernya, Fabio Quartararo, masih memimpin klasemen MotoGP mengungguli Aleix Espargaro, pebalap tim Aprilia.

Di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022), Yamaha justru menelan hasil kurang oke. Sebab, semua ridernya gagal mengemas poin di Belanda.

Quartararo, yang juga berstatus juara bertahan MotoGP, malah gagal finis di Assen. Rider Monster Energy Yamaha MotoGP itu mengalami dua kali crash sampai akhirnya retired. Pertama jatuh di lap kelima, dengan menyenggol Aleix Espargaro, kemudian bisa lanjut race dan terjatuh lagi di lokasi yang sama pada lap ke-15. Apes kian bertambah, setelah Quartararo dikenai penalti karena menyenggol Espargaro.

Kegagalan itu disusul Franco Morbidelli. Tiga lap setelah crash Quartararo, rider Italia itu juga gagal finis. Dua rider tim utama Yamaha gagal mendulang poin.

Di lap yang sama dengan Morbidelli, kegagalan rupanya juga dialami rider WithU Yamaha RNF. Darryn Binder juga terjatuh pada putaran ke-18, sehingga gagal finis.

Tercatat, hanya satu rider Yamaha yang bisa finis balapan. Dia adalah Andrea Dovizioso, rider lain WithU Yamaha RNF, yang menyelesaikan race di posisi ke-16, posisi yang juga tak menghasilkan poin bagi rider.

Hasil di MotoGP Belanda 2022 itu, menurut AS, membuat Yamaha menorehkan rekor buruk. Pertama kalinya sejak 1989, pabrikan asal Iwata, Jepang itu gagal meraih poin dari semua ridernya di kelas balapan tertinggi.

Pada 1989, Yamaha gagal meraih poin ketika balapan di MotoGP Italia. Semua ridernya juga gagal mendulang poin, setelah dari 8 rider yang tampil, 6 di antaranya retired dan dua lainnya tak turun ketika itu.

Usai race di Belanda akhir pekan lalu, Quartararo sendiri masih memimpin klasemen MotoGP dengan 171 poin. Namun, selisih poinnya dengan Aleix Espargaro terpangkas, setelah rider Aprilia itu kini mengoleksi 151 poin, usai finis keempat di Assen.

Di klasemen konstruktor, Yamaha juga makin tertinggal dari Ducati. Tim yang dipimpin Lin Jarvis baru mengumpulkan 172 poin, jauh di belakang Ducati, yang sudah mengumpulkan 246 balapan.

MotoGP 2022 bakal libur sebulan setelah race MotoGP Belanda 2022. Persaingan akan kembali digebar di MotoGP Inggris, tepatnya di Sirkuit Silverstone, pada 7 Agustus mendatang.

(yna/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT