ADVERTISEMENT

Valentino Rossi Bantu Pecco Bagnaia Juara MotoGP Inggris 2022

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 08 Agu 2022 05:19 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 07: Race winner Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team stands on his bike and rolls parc ferme after his race winduring the race of the MotoGP Monster Energy British Grand Prix at Silverstone Circuit on August 07, 2022 in Northampton, England. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Francesco Bagnaia menang dalam balapan MotoGP Inggris 2022. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Jakarta -

Keberhasilan Francesco 'Pecco' Bagnaia naik ke podium tertinggi MotoGP Inggris 2022 tak lepas dari bantuan Valentino Rossi. Ada pula kontribusi Casey Stoner.

Bagnaia menyudahi kualifikasi di Silverstone pada posisi lima. Di atas kertas, ia bukanlah favorit untuk memenangi balapan. Apalagi Bagnaia sendiri mengakui sempat kesulitan jelang balapan.

"Kemarin aku sudah terima jika finis lima besar saja. Aku sudah tahu akan sulit menang hari ini," kata Bagnaia seperti dilansir theRace.com.

Namun, Bagnaia tidak pasrah begitu saja. Kunci kemenangannya di MotoGP Inggris 2022, Minggu (7/8) malam WIB, ada pada pengaturan strategi ban melalui sesi warm up di pagi hari.

Rossi Bantu Bagnaia

Selain itu, Bagnaia juga mengaku banyak minta nasihat kepada Valentino Rossi. The Doctor, walaupun tidak berada langsung di lokasi karena sudah pensiun, adalah mentor dari Bagnaia dan beberapa rider aktif lainnya di MotoGP 2022.

"Akhir pekan ini aku banyak minta nasihat kepada Valentino, ia sangat membantuku agar bisa lebih baik memahami situasi. (Karena) aku kesulitan sepanjang pekan," ucap Bagnaia.

"Dan tidaklah mudah dari perspektifnya karena ia berada di rumah menatap layar televisi. Tapi ia sudah membantuku memahami ban, memahami suhu pada ban."

"Ia sudah sangat membantuku," tutur rider Ducati tersebut.

Nasihat Stoner

Selain Rossi, Bagnaia juga minta nasihat dari Casey Stoner yang pada tahun 2007 berhasil menjadi juara dunia MotoGP di atas motor Ducati.

"Aku bertanya kepadanya, apakah di lintasan ini pada masa lalu ia akan mengubah sesuatu yang dapat membantunya agar bisa lebih kompetitif," ucap Bagnaia.

"Dan pagi ini ia mengirimiku pesan. Dan aku cuma berusaha untuk melakukan sesuatu yang di masa lalu juga bakal ia lakukan, dan masukannya itu bagus, walaupun mungkin kurang cocok dengan ban kami saat ini."

"Ia jago dalam menemukan traksi ban di bagian akhir tikungan," sebutnya.

Simak Video 'Bagnaia Juara MotoGP Inggris, Miller Juga Podium':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT