ADVERTISEMENT

Quartararo Finis ke-8 Bukan karena Long Lap Penalty, melainkan Ban

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 08 Agu 2022 10:12 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 07: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Great Britain - Race at Silverstone Circuit on August 07, 2022 in Northampton, England. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo cuma finis kedelapan di MotoGP Inggris 2022. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Silverstone -

Fabio Quartararo sempat bersaing di depan tapi akhirnya finis kedelapan MotoGP Inggris 2022. Penyebabnya bukan karena long lap penalty, melainkan ban belakang.

Pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/022) malam WIB, Quartararo start dari baris kedua di posisi empat. Pebalap Yamaha itu juga harus menjalani hukuman long lap di putaran-putaran awal akibat insiden di Assen lalu.

Pada prosesnya Quartararo melesat untuk menempati posisi kedua di tiga putaran pertama sebelum melakoni hukumannya di putaran berikutnya. Meski cuma kehilangan 1,6 detik Quartararo kemudian melorot ke urutan kelima sebelum melintasi garis finis kedelapan.

Juara bertahan MotoGP itu rupanya mengalami kendala dengan ban belakang. Fabio Quartararo memilih memakai ban medium, keputusan yang terbukti keliru.

"Kupikir long lap penalty-nya akan banyak merugikan aku, ternyata tidak terlalu buruk," ucap rider Prancis itu di Motorsport. "Hanya saja ban belakang sangat buruk dan di belakang para pebalap, kami tidak bisa menunggangi motor kami."

"Ketika terjadi pada satu motor saja sih tidak apa-apa, tapi setelah ada lebih dari satu motor, ban belakangnya menjadi sangat panas sehingga kehilangan performanya lalu aus dan kemudian anda membalap dengan cara yang sepenuhnya berbeda dengan pebalap-pebalap lainnya.

"Dan buat kami, untuk melakukan over taking [di atas motor ini] rasanya seperti mimpi buruk," lanjut dia.

"Pilihan ban belakang medium itu keputusan kami karena kami tidak mencoba ban belakang keras. Kami membuat kesalahan karena tidak menjajal ban keras. Tadi itulah masalahnya dan sangat penting memakai ban ini," Quartararo menambahkan usai MotoGP Inggris 2022.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT