ADVERTISEMENT

MotoGP 2022: Marc Marquez Umumkan Waktu Comeback Pekan Depan

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 19 Agu 2022 05:15 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team speaks in hospitality during the specialpress conference during the  MotoGP of Austria - Previews at Red Bull Ring on August 18, 2022 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Spielberg -

Marc Marquez hadir dalam gelaran MotoGP Austria 2022 akhir pekan ini, meski hanya sebagai penonton. Namun pada kesempatan ini ia memberi jawaban soal kapan akan kembali ke trek.

Seusai MotoGP Italia pada akhir Mei lalu, Marquez pergi ke Minnesota, Amerika Serikat untuk menjalani operasi dalam rangka 'membetulkan' lengan kanannya yang tak kunjung pulih total sejak mengalami crash pada Juli 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Operasi itu merupakan yang keempat baginya, dan dinilai akan menjadi penentuan apakah ia bisa kembali bersaing di lintasan seperti dulu atau tidak. Sejauh ini, pemulihannya berjalan lancar, begitu juga dengan kontrol rutinnya.

Marquez dilaporkan membidik 2-3 seri terakhir MotoGP musim ini sebagai waktu yang tepat untuk comeback. Bahkan ada rumor ia bisa hadir menjalani tes di Sirkuit Misano bulan depan. Soal ini, ia masih harsu berkonsultasi dulu dengan dokter.

"Betul bahwa target saya adalah bisa menjalani beberapa balapan di sisa musim ini. Pekan depan saya akan mendapat jawabannya, apakah hal itu mungkin dilakukan atau tidak," ujar Marquez seperti dikutip Crash.

"Saya merasa baik-baik saja. Yah, lengan ini memang sudah empat kali menjalani operasi, tapi setidaknya sekarang berfungsi dengan normal. Saya sudah menjalani sejumlah latihan yang sebelumnya tak mungkin dilakukan."

"Tapi pekan depan saya akan menjalani pemeriksaan medis yang penting. Lewat x-ray mereka akan memahami apakah saya bisa mengangkat beban (di gym) dan kapan saya bisa membalap lagi di masa depan."

"Kami optimis dengan hasilnya karena setiap pekan ada kemajuan dalam rehabilitasi dan lengan saya bereaksi dengan baik," jelas rider Repsol Honda itu.

Selama Marquez absen, performa Honda di trek amat keteteran dibanding pabrikan lainnya. Meski ia sudah absen di enam balapan sejauh ini, namun koleksi poinnya masih lebih tinggi dibanding tiga rider Honda lainnya.

Marquez saat ini ada di urutan 14 klasemen sementara pebalap MotoGP 2022 dengan 60 poin. Takaaki Nakagami menyusul di urutan 16 dengan 45 poin, kemudian Pol Espargaro (urutan 17) dengan 42 poin dan Alex Marquez (posisi 18) dengan 27 poin.

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT