ADVERTISEMENT

Joan Mir Akan Jadi Rekan Setim Marc Marquez, Dikontrak Honda 2 Tahun

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 30 Agu 2022 15:30 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 08: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR celebrates the second place and greets the fans at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Styria - Race at Red Bull Ring on August 08, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir resmi gabung Honda musim depan. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Repsol Honda resmi mengumumkan perekrutan Joan Mir dari Suzuki. Rider asal Spanyol itu dikontrak dua tahun, dan akan berduet bersama Marc Marquez mulai musim depan.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan kedatangan Joan Mir. Sang juara dunia MotoGP 2020 sudah membuktikan kelasnya sejak tampil di Moto3 pada 2016 silam," bunyi pernyataan resmi tim.

"Pada 2017, pebalap nomor 36 itu berhasil menjuarai Moto3 dengan motor Honda sebelum pindah ke kelas intermediate pada tahun berikutnya."

"Selain dua gelar juara dunia, pebalap Spanyol itu sudah meraih 12 kemenangan dan 33 podium dalam kariernya. Ia akan membalap untuk tim pabrikan dengan mengendarai Honda RC213V berdampingan dengan Marc Marquez. Ia dikontrak dua tahun."

Rumor kepindahan Joan Mir ke Honda memang sudah tercium tak lama setelah Suzuki menyatakan undur diri dari MotoGP mulai tahun depan. Hanya saja, pengumuman resminya baru dilakukan hari ini.

Negosiasi Mir dengan Honda memang alot, khususnya soal gaji. Sebagai juara dunia, ia tentu punya nilai lebih dibanding Pol Espargaro yang belum pernah menang di kelas primer. Espargaro sendiri akan pindah ke GasGas Factory Racing tahun depan.

Dengan duet Mir-Marquez, Honda diharapkan bisa bangkit dari keterpurukan yang mereka alami selama tiga tahun terakhir. Pabrikan asal Jepang itu juga diyakini tak ingin terus-terusan bergantung pada Marquez untuk meningkatkan performa motor.

Selama dua tahun ke belakang, performa Mir cukup bagus. Ia menjadi juara dunia 2020 dan finis ketiga pada 2021. Musim ini, ia belum meraih podium sekalipun, mengalami enam retired dan duduk di posisi 12 klasemen sementara dengan 77 poin.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT