ADVERTISEMENT

MotoGP San Marino: Start Tak Ideal, Quartararo Bisa Ulangi Sukses di Austria?

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 04 Sep 2022 13:00 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 03: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP during qualify of the MotoGP Of San Marino at Misano World Circuit on September 02, 2022 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Danilo Di Giovanni/Getty Images)
Fabio Quartararo start kedelapan di MotoGP San Marino 2022, bisa finis di baris depan? (Foto: Getty Images/Danilo Di Giovanni)
Jakarta -

Fabio Quartararo menghadapi balapan menantang di MotoGP San Marino 2022 usai start kedelapan. Lantas bisakah Quartararo mengulang performa impresif di Austria?

Meski cukup oke di sesi latihan bebas, pebalap Yamaha itu hanya akan memulai balapan di baris ketiga setelah membukukan waktu 1 menit 32,236 detik. Quartararo berada di depan rivalnya, Aleix Espargaro (9), dan di belakang Francesco Bagnaia (5) yang dijatuhi penalti mundur tiga grid.

Hasil kurang sip Quartararo itu tidak lepas dari faktor cuaca di Misano pada waktu kualifikasi (3/9/2022). Hujan gerimis mulai membasahi lintasan padahal para pebalap di Q2 masih menggunakan ban slick.

"Ini hasil maksimal yang bisa kulakukan, tapi aku kecewa," sungut Quartararo di Autosport. "Di kondisi ini, aku tidak bisa melaju di kerb di beberapa tikungan, seperti Tikungan 6. Aku sungguh-sungguh tidak bisa melaju kencang seperti yang bisa dilakukan dengan Yamaha, dan kami tidak punya akselerasi [untuk mengimbangi]."

"Pada dasarnya Tikungan 6 sampai 7 tidak bagus, Tikungan 15 aku harus mengurangi kecepatan tikungan karena kami betul-betul tidak dapat menggunakan kerb. Aku kecewa tapi ini selalu menjadi masalahnya. Kesenanganku mulai berkurang daripada sebelumnya jadi kami harus menemukan sebuah solusi agar lebih cepat di kualifikasi."

Meski demikian, peluang Fabio Quartararo untuk naik podium atau bahkan bersaing untuk kemenangan masih ada. Masih segar dalam ingatan bagaimana El Diablo melesat, menembus kepungan pebalap Ducati sebelum finis runner-up di belakang Bagnaia usai start kelima di MotoGP Austria, dua pekan lalu.

Situasi serupa pun terjadi pada start balapan kali ini dengan berada di belakang sejumlah penunggang Ducati. Namun, pebalap Prancis itu optimistis akan mampu bersaing jika balapan berlangsung kering.

"Pada akhirnya dia [Bagnaia-red] membuat sebuah kualifikasi yang luar biasa, tapi akhirnya mengecewakan karena kami selalu bertarung melawan pebalap-pebalap yang sama. Mereka itu kencang, kupikir motor mereka itu menjadi tolok ukurnya sekarang," sambung dia.

"Jarakku hanya 0,3 detik [dari pole] tapi mendapatkan P8. Jadi ini sungguh mengecewakan tapi di kondisi normal, aku tahu kecepatanku bagus," lugas Quartararo.



Simak Video "Jokowi Pindah Haluan ke Quartararo Gegara Marquez Out di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT