ADVERTISEMENT

Penjelasan Marquez Soal Insiden dengan Quartararo dan Nakagami

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 19 Sep 2022 06:15 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 17: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team rolls into his garage during the qualifying of the MotoGP Gran Premio Animoca Brands de Aragón at Motorland Aragon Circuit on September 17, 2022 in Alcaniz, Spain. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Marquez tak melanjutkan balapan usai terlibat insiden dengan Quartararo dan Nakagami. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Alcaniz -

Marc Marquez terlibat dalam dua insiden yang mengakibatkan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami terjatuh dalam seri MotoGP Aragon 2022. Rider asal Spanyol itu pun memberi penjelasan.

Balapan di MotorLand Aragon, Minggu (18/7) seharusnya menjadi momen manis kembalinya Marquez seusai absen balapan nyaris empat bulan karena penyembuhan cedera lengan kanan. Apa daya, yang terjadi malah sebaliknya.

Start di posisi 13, Marquez berhasil naik ke posisi enam pada tikungan pertama, namun kemudian ditabrak oleh Quartararo di tikungan 3. Hal itu membuat serpihan motor Quartararo tersangkut di bagian belakang motor Marquez.

Kondisi tersebut mempengaruhi laju motor Marquez. Ia terpaksa melambat saat keluar dari tikungan 7, namun hal itu membuat dirinya disenggol oleh Nakagami.

Kejadian itu meninggalkan sejumlah lecet di dada Quartararo, sedangkan Nakagami menderita luka di dua jarinya. Marquez tak mengalami cedera, namun tak bisa melanjutkan lomba dan kembali ke pit di akhir lap pertama karena motornya bermasalah.

"Benar bahwa saya sedikit kehilangan kendali bagian belakang motor dan saya menutup gas, tapi itu bukan hal besar," ujar Marquez, dikutip Motorsport.

"Masalahnya, Fabio sangat-sangat dekat karena mungkin dia ingin menyalip saya saat berubah arah di tikungan. Kami sudah sering mengalami kejadian ini di masa lalu."

"Saya memiliki sedikit gangguan karena Enea (Bastianini) dan Aleix (Espargaro) ada di sisi luar tikungan. Jalur balapan saya bagus dan saya hanya memiliki sedikit gangguan seperti yang biasa dialami akibat ban yang masih dingin."

"Itu murni kecelakaan balapan, sangat tak beruntung karena Fabio sangat-sangat dekat dan kemudian saya merasakan ada kontak," jelas Marquez.

Mengenai insiden dengan Nakagami, Marquez mengatakan saat itu motornya sudah tak lagi sama akibat insiden dengan Quartararo. Sedikit banyak hal itu turut mempengaruhinya.

"Dari sana (kecelakaan dengan Quartararo) semuanya bermula. Saat saya masuk tikungan 5, saya merasa ada yang aneh, 'ada apa?', lalu saya membuka gas saat melaju di tikungan 6,7, saya merasa baik-baik saja," lanjut Marquez.

"Pada tikungan 7, Nakagami menyalip saya lalu melebar, lalu saat saya berada di sisi dalam, dan sudah sedikit berada di depannya, saya memakai holeshot, namun setelahnya ban belakang saya terkunci."

"Saya mengecek tayangan kejadian itu dengan hati-hati dan bisa dilihat ada serpihan keluar dari fairing. Saat saya merasa ban terkunci, segalanya menjadi kacau. Ketika sisi kiri bagian belakang terkunci, saya tak lagi memiliki torsi."

"Setelah kejadian itu (dengan Nakagami) saya akhirnya retired, tapi bukan karena insiden dengan Taka. Saya retired karena insiden dengan Fabio. Dua kejadian itu betul-betuk ketidakberuntungan," jelas Marquez.

MotoGP seri berikutnya yakni di Sirkuit Motegi, Jepang pada 25 September. Bisakah Marquez bangkit dan kembali meraih poin perdana usai comeback?

Simak video 'Detik-detik Kecelakaan Marquez, Quartararo, dan Nakagami di MotoGP Aragon':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT