ADVERTISEMENT

MotoGP India Bakal Digelar, Momentum Balapan Kembali ke Anak Benua

Yanu Arifin - Sport
Kamis, 22 Sep 2022 19:12 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 18: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP in action during the MotoGP race at Motorland Aragon Circuit on September 18, 2022 in Alcaniz, Spain. (Photo by Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
Foto: Corbis via Getty Images/Joan Cros Garcia - Corbis
Uttar Pradesh -

MotoGP terus berusaha melebarkan pasarnya. Setelah Arab Saudi, kini MotoGP India juga siap digelar, yang akan menjadi momentum race kembali ke Anak Benua.

Melansir AS, bos Dorna Sport SL Carmelo Ezpeleta baru-baru ini berkunjung ke India. Tentu saja, kedatangannya membahas potensi digelarnya balapan motor di sana.

Dalam pertemuan itu, Ezpeleta bertemu dengan pejabat setempat. Juga ada Fairstreet Sports, yang kemungkinan menjadi promotor balapan.

Rencananya, MotoGP India akan menggunakan Sirkuit Internasional Buddh. Trek itu pernah dipakai untuk Formula 1 pada 2011 hingga 2013.

Ezpeleta rencananya juga akan meninjau langsung lokasi balapan MotoGP India. Uttar Pradesh dan New Delhi akan dikunjungi.

India masuk dalam rencana MotoGP melebarkan sayapnya, karena merupakan pasar potensial sepeda motor. Sebanyak 37 juta kendaraan roda dua ada di sana.

"India adalah negara dan pasar yang besar, dan terutama penting untuk industri roda dua dan untuk MotoGP sebagai olahraga," kata Ezpeleta.

"Kejuaraan ini memiliki basis penggemar yang besar di sana, dan untuk dapat mengadakan acara MotoGP di India akan menjadi tontonan yang luar biasa bagi para penggemar. Itu sekaligus memungkinkan kami untuk terus mengembangkan olahraga di wilayah ini, yang sangat penting bagi kami semua, mitra dan produsen pada khususnya," ungkapnya

Shri Anurag Thakur, Menteri Olahraga India juga menegaskan hal itu. Ia membanggakan India sebagai pasar kendaraan motor yang besar.

"Ini hari bersejarah bagi industri olahraga dan otomotif. India berpotensi menjadi salah satu pasar terbesar untuk MotoGP, baik dari segi penonton dan pendapatan," janjinya.

India sendiri pernah menggelar kejuaraan balapan, untuk ajang Formula 1. Pada 2011 hingga 2013 race berlangsung, dengan Sebastian Vettel merajai balapan India.

Pada 2014, FIA memastikan India tak kembali gelar balapan, dan direncanakan kembali menghelat perlombaan pada 2015. Namun, wacana itu tak terealisasi hingga saat ini, yang disebut-sebut karena ada sengketa pajak dengan Uttar Pradesh, yang menjadi negara bagian India.

Sementara untuk balapan motor, India sempat direncanakan menggelar race Superbike pada 2013. Namun, kejuaraan itu dibatalkan karena masalah biaya operasional Sirkuit Buddh.

Sebelumnya, MotoGP sempat berkunjung ke Arab Saudi untuk menggelar balapan di sana. Kesepakatan bahkan sudah terjalin, namun kapan dan di mana race dilangsungkan belum diketahui.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT