Buka Seri ke-4 FIM MiniGP 2022, Ini Harapan Bamsoet Buat Para Pembalap

ADVERTISEMENT

Buka Seri ke-4 FIM MiniGP 2022, Ini Harapan Bamsoet Buat Para Pembalap

Atta Kharisma - Sport
Minggu, 25 Sep 2022 18:42 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka gelaran seri ke-4 FIM MiniGP Indonesia Series 2022 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Minggu (25/9). Ajang ini diikuti 15 pembalap muda berusia 10-14 tahun menggunakan motor Ohvale GP-0 160 Cc.

"15 pembalap muda yang berlaga di FIM MiniGP Indonesia Series 2022 merupakan yang terbaik dari puluhan peserta berusia 10-14 tahun yang mengikuti seleksi dengan menggunakan motor Ohvale GP-0 160 pada 15 dan 20 Juni. Nantinya, dua pembalap terbaik dari FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan mengikuti final World Series MiniGP di Valencia Spanyol pada tanggal 29-30 Oktober 2022," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (25/9/22).

Ketua MPR RI ini ini menjelaskan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 digelar sebanyak 6 seri. Seri ke-5 dan ke-6 akan diselenggarakan di Sentul International Karting Circuit pada tanggal 8-9 Oktober 2022.

Sesuai ketentuan FIM dan Dorna Sport, para pembalap diwajibkan menggunakan tipe motor yang sama, yakni Ohvale GP-0 160 Cc yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP.

"Penggunaan tipe motor yang sama oleh seluruh pembalap MiniGP dimaksudkan agar pembalap dari negara yang berbeda bisa mempunyai pengalaman yang sama. Sehingga para juaranya tidak semata bergantung kepada kualitas mesin kendaraan, melainkan lebih mengandalkan keunggulan teknik balap dari masing-masing pembalap muda," jelas Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menerangkan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 merupakan pintu gerbang bagi para pembalap muda Indonesia menuju pentas dunia. FIM MiniGP Indonesia Series 2022 ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan masuk ke dalam program Road to MotoGP dari Dorna Sports.

"Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 merupakan bentuk keseriusan IMI dalam pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari MiniGP, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi. Semisal Red Bull MotoGP Rookie, Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa menembus MotoGP," pungkas Bamsoet.

Turut hadir dalam acara pembukaan di antaranya Komunikasi dan Media IMI Pusat Dwi Nugroho, Sekum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, Kabid Roda Dua IMI DKI Jakarta Supriono, Keanggotaan IMI DKI Jakarta Azis Budiyanto, Promotor Lightening Harlan Fadila dan Maharani serta sponsor Ovale Rully Habibie.



Simak Video "MPR dan Wiranto Cs Bertemu Bahas Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT