Marc Marquez Sudah 150 Race di MotoGP

ADVERTISEMENT

Marc Marquez Sudah 150 Race di MotoGP

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 26 Sep 2022 05:45 WIB
MOTEGI, JAPAN - SEPTEMBER 24: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team at parc ferme after his pole position during the qualifying session of the MotoGP Motul Grand Prix of Japan at Twin Ring Motegi on September 24, 2022 in Motegi, Japan. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Marc Marquez di Motegi 2022, usai memastikan pole di sesi kualifikasi. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Jakarta -

Juara dunia enam kali MotoGP Marc Marquez baru saja menuntaskan race-nya yang ke-150 di kelas primer. Pada momen tersebut, ia berjarak satu posisi untuk bisa menandainya dengan podium ke-100.

Marc Marquez berhasil finis keempat di MotoGP Jepang 2022, Minggu (25/9). Jika saja ia bisa menuntaskan balapan satu posisi lebih baik, itu akan menjadi podiumnya yang ke-100 karena sejauh ini MM93 sudah punya 99 podium di MotoGP.

Finis keempat rider Repsol Honda itu terjadi usai gagal finis dalam balapan sebelumnya di Aragon, yang merupakan race comeback-nya setelah absen akibat cedera. Marquez finis keempat di Motegi dari posisi start terdepan alias pole.

Buat Marc Marquez, pole-nya di Jepang sekaligus mengakhiri 'puasa' 1.071 hari tanpa start pertama -- lagi-lagi akibat terkendala cedera. Pole Marquez di Motegi merupakan yang ke-63 dalam kariernya di MotoGP.

Menilik jumlah race-nya di kelas MotoGP sejauh ini, Marc Marquez punya persentase 42 persen selalu mengawali balapan dari posisi terdepan. Jumlah 63 pole-nya sendiri sudah menjadi rekor terbanyak di kelas primer.

Dengan 63 pole position di kelas 500cc/MotoGP, Marc Marquez mengungguli sosok-sosok legendaris macam Mick Doohan (58) dan Valentino Rossi (55) di posisi kedua dan ketiga. Di grid aktif MotoGP saat ini, ada Fabio Quartararo yang mengekor dengan jarak cukup jauh berkat raihan 16 pole sejauh ini.

Tepat sebelum memulai balapan ke-150 di MotoGP Jepang 2022, Marc Marquez sempat jatuh dalam warm up di Motegi. Tapi hal itu lantas tidak menjadi halangan dalam proses balapan yang dijalani kemudian.

Dalam catatan Motosan, ini menjadi cerminan lain dari Marquez: sering jatuh jelang race, tapi kemudian tetap mampu meraih poin. Dari 150 race di MotoGP, Marc Marquez tercatat mampu meraih poin dalam 126 balapan (84 persen).

(krs/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT