Quartararo di Akhir MotoGP 2022: Bak Kelinci yang Dikejar-kejar Ducati

ADVERTISEMENT

Quartararo di Akhir MotoGP 2022: Bak Kelinci yang Dikejar-kejar Ducati

Yanu Arifin - Sport
Senin, 31 Okt 2022 15:39 WIB
Ducati Italian rider Francesco Bagnaia (Front) and Yamaha French rider Fabio Quartararo compete in the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on May 1, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) (Photo by JAVIER SORIANO/AFP via Getty Images)
Foto: AFP via Getty Images/JAVIER SORIANO
Jakarta -

Akhir kejuaraan MotoGP 2022 menyajikan persaingan Fabio Quartararo melawan kepungan rider Ducati. Rider Yamaha itu bak kelinci yang sedang dikejar-kejar.

Persaingan juara MotoGP 2022 harus ditentukan di seri terakhir. MotoGP Valencia akan menentukan juara antara Francesco Bagnaia atau Quartararo.

Bagnaia saat ini memimpin klasemen pebalap dengan raihan 258 poin. Rider Ducati Lenovo Team itu di ambang juara, mengingat Quartararo masih di posisi kedua dengan 235 poin.

Sebelumnya, Quartararo sempat nyaman memimpin persaingan. Sebelum libur jeda musim panas, rider Prancis itu bahkan sempat memimpin 91 angka dari Bagnaia, dengan mengoleksi 172 poin ketimbang 81 poin milik sang rival.

Sampai akhirnya, Bagnaia bisa menyalip Quartararo di paruh kedua musim MotoGP 2022. Terakhir, kemenangan di Malaysia membuat murid Valentino Rossi itu makin meninggalkan Quartararo, dengan memimpin 23 poin.

Di paruh kedua MotoGP, Quartararo sendiri bak dikeroyok rider-rider Ducati. Sebab selain Bagnaia, Enea Bastianin dan Jack Miller, yang menggunakan mesin pabrikan Italia itu, juga mampu menyulitkan.

Bastianini sempat meraih tiga kali podium sejak Juni, dengan rincian sekali menang dan dua kali runner up. Sementara Miller juga juga bisa merebut empat podium, dengan catatan sekali menang, sekali runner up, dan dua kali finis ketiga dalam race.

Jika ditotal, ada empat rider Ducati yang berada di 10 besar klasemen pebalap MotoGP. Quartararo menjadi satu-satunya rider Yamaha, sebab Franco Morbidelli, rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, justru terlempar ke posisi 19. Dua rider satelit Yamaha, Andrea Dovizioso dan Darryn Binder, juga kesulitan di papan bawah.

Situasi itu, menurut eks rider Ducati Danilo Petrucci, membuat Quartararo bak kelinci yang sedang dikejar-kejar. Ia juga terkesan dengan peningkatan pesat Bagnaia, khususnya di paruh kedua musim MotoGP 2022.

"Sayangnya Fabio telah berubah menjadi kelinci yang harus dikejar, di sekelilingnya dia memiliki semua Ducati," ujar Petrucci, dilansir Crash.

"Tanpa ragu, saya tidak menyangka Pecco begitu bagus dan konsisten. Padahal di bagian pertama kejuaraan, dia seolah telah kehilangan segalanya," ungkapnya.

MotoGP Valencia sendiri akan digelar akhir pekan ini, di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022). Siapa yang bakal juara MotoGP 2022?

Lihat juga Video: Juara Dunia MotoGP 2022 Ditentukan di Seri Valencia

[Gambas:Video 20detik]



(yna/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT