MotoGP Valencia 2022: Motivasi Mir dan Rins dalam 'Last Dance' Suzuki

ADVERTISEMENT

MotoGP Valencia 2022: Motivasi Mir dan Rins dalam 'Last Dance' Suzuki

Kris Fathoni W - Sport
Kamis, 03 Nov 2022 19:15 WIB
(L to R) Team Suzuki Ecstars Spanish rider Joan Mir and Team Suzuki Ecstars Spanish rider Alex Rins compete during the 2nd day of free practice session for the Indonesian Grand Prix Moto3 race at the Mandalika International Circuit at Kuta Mandalika, in Central Lombok on March 19, 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)
Foto: AFP/BAY ISMOYO
Jakarta -

Suzuki akan pamitan selepas MotoGP Valencia 2022. Joan Mir dan Alex Rins pun punya motivasi ekstra dalam menjalani race pamungkas MotoGP 2022 tersebut.

Baru dua tahun lalu GSX-RR andalan Suzuki mengantar Joan Mir ke takhta juara dunia MotoGP, berkat hasil di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Kini justru ada momen pamitan di tempat yang sama.

Bulan Mei lalu di Jerez, Direksi Suzuki memutuskan untuk mundur dari MotoGP di akhir musim ini. Padahal, sebelumnya, Tim MotoGP Suzuki sempat terlihat "aman" karena sudah teken perpanjangan kontrak sampai paling tidak 2026.

Untuk itu MotoGP Valencia 2022 di akhir pekan sekaligus menjadi momen perpisahan dari Suzuki. Joan Mir dan Alex Rins sendiri sudah mengamankan kursi di Honda musim depan.

'Last Dance' Suzuki

Bukan kali ini saja Suzuki mengumumkan mundur dari MotoGP. Pada tahun 2011 lalu, hal serupa juga pernah terjadi sampai akhirnya kembali ke lintasan pada tahun 2015.

Entah apakah di masa depan comeback serupa akan dilakukan Suzuki. Tapi yang pasti seri pamungkas MotoGP 2022 di Valencia akan jadi 'last dance' Suzuki untuk saat ini.

"Kami menghadapi last dance di Spanyol akhir pekan ini dan sudah pasti akan jadi momen yang janggal buat kami semua. Tapi karena keputusan itu sudah dibuat pihak pusat di Jepang, kami harus terus menegakkan kepala dan saya pikir semua orang di tim sudah sedemikian profesional sepanjang musim. Saya bangga akan hal itu. Mari berusaha untuk merayakan satu kesuksesan terakhir bersama-sama," kata Manajer Tim Suzuki Livio Suppo, seperti dilansir Crash.

Baik Mir dan Rins juga punya tekad yang sama. Keduanya ingin unjuk gigi di atas motor Suzuki akhir pekan ini.

"Aku ingin mengerahkan segalanya buat seri terakhir ini, buatku dan juga skuadku. Aku bisa kencang di sini dan motorku pun begitu. Tapi kami cuma butuh sedikit keberuntungan untuk bisa mengombinasikan semuanya," ucap Mir.

"Ini akan jadi akhir pekan yang janggal dan penuh emosi. Tapi aku bertekad untuk menghasilkan sebuah balapan yang bagus. Timku sudah berusaha maksimal selama bertahun-tahun dan aku pun akan berusaha sekuat tenaga demi membalas kerja keras mereka, lewat sebuah hasil bagus untuk terakhir kalinya," sebut Rins.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT