Suzuki Konfirmasi Rencananya Mundur dari MotoGP di Akhir 2022

Okdwitya Karina Sari - Sport
Kamis, 12 Mei 2022 16:30 WIB
Suzuki Spanish rider Alex Rins (C) sits in the box waiting to start the second practice session of the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on April 29, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Suzuki konfirmasi rencananya mundur dari MotoGP di akhir 2022. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Suzuki akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi di tengah rumor mundur dari MotoGP. Suzuki mengonfirmasi rencananya untuk meninggalkan MotoGP di akhir 2022.

Suzuki santer dikabarkan ingin berhenti berpartisipasi di MotoGP hanya sesaat setelah gelaran seri Spanyol pada awal bulan ini. Padahal Suzuki sudah menandatangani kesepakatan dengan Dorna untuk kejuaraan ini sampai 2026.

Selain itu Suzuki cukup kompetitif setelah dua kali naik podium dalam enam balapan pertama. Kombinasi Alex Rins dan Joan Mir membuat Suzuki mengumpulkan 125 poin untuk memimpin klasemen sementara konstruktor.

Suzuki diyakini dalam situasi finansial yang kurang ideal akibat pandemi berkepanjangan dan perang Ukraina dan Rusia. Akhirnya pada Kamis (12/5/2022), Suzuki mengumumkan bahwa mereka sedang berbicara dengan Dorna untuk hengkang dari MotoGP.




"Perusahaan otomotif Suzuki sedang dalam pembicaraan dengan Dorna terkait kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir musim 2022," bunyi pernyataan pabrikan Jepang itu dikutip Crash.

"Sungguh disayangkan, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan usahanya pada perubahan-perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif di masa kini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru."

"Kami ingin sekali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada mereka yang telah mendukung aktivitas balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan seluruh penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusias mereka."



Simak Video "Bos Suzuki soal Pawang Hujan MotoGP: Belum Pernah Lihat Sebelumnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)