Jeblok di FP1 Valencia, Bagnaia Gugup Jelang Penentuan Juara?

ADVERTISEMENT

Jeblok di FP1 Valencia, Bagnaia Gugup Jelang Penentuan Juara?

Putra Rusdi K - Sport
Sabtu, 05 Nov 2022 09:26 WIB
Valencia -

Francesco Bagnaia membantah torehan buruk di FP1 MotoGP Valencia karena gugup jelang penentuan juara. Namun, ia mengakui kesulitan untuk tampil optimal.

Penentuan gelar juara MotoGP 202 bakal tersaji pada serie terakhir MotoGP Valencia 2022. Balapan MotoGP Valencia pada Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022).

Dua pebalap teratas Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo bakal bersaing memperebutkan juara. Bagnaia berada di urutan teratas klasemen pebalap 258 poin.

Ia unggul 23 poin dari Quartararo. Situasi ini membuat Bagnaia begitu diunggulkan untuk menjadi juara.

Pebalap Ducati ini hanya perlu finis seburuk-buruknya di posisi 14. Sementara Quartararo wajib memenangi balapan dan Bagnaia finis di urutan ke-15 atau lebih rendah.

Namun, Bagnaia justru tampil kurang menyakinkan di latihan bebas (FP1) MotoGP Valencia. Ia hanya mampu berada di urutan ke-17. Sementara, Quartararo tampil menawan dengan menjadi yang tercepat.

Pada latihan bebas kedua (FP2), performa Bagnaia membaik dengan berada di urutan kesembilan. Quartararo yang justru menurun dengan menempati peringkat kedelapan.

Bagnaia dianggap beberapa pihak gugup menjelang penentuan perebutan gelar hingga tampil begitu buruk di FP1. Anggapan tersebut langsung dibantah oleh pebalap asal Italia ini.

Meski demikian, ia mengakui banyak kesulitan yang dihadapinya pada FP1. Untungnya kesulitan sedikit bisa diatasi di FP2. Hal tersebut meningkatkan kepercayaan diri Bagnaia jelang balapan.

"Bukan hari yang menegangkan tapi yang pasti bukan sesuatu yang mudah. Pada awal pagi ini di FP1 motor tidak bekerja dengan baik. Kami berjuang dengan angin, berjuang pada pengereman dan juga dengan grip," ujar Bagnaia dikutip dari Crash.

"Saya mulai sedikit kesulitan pagi ini dan saya meningkatkannya saya selama sesi tetapi itu tidak cukup. Siang ini sama."

"Saya memulai sedikit lebih baik daripada pagi hari tetapi saya rasa itu bukan yang terbaik. Tetapi pada kesempatan kedua, kami melakukan langkah yang sangat bagus di depan dan saya dapat memiliki kecepatan yang sangat mirip dengan Fabio Quartararo] dan Marc [Marquez]," jelasnya.

(pur/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT