Bagnaia Pakai Nomor #1 di MotoGP 2023

ADVERTISEMENT

Bagnaia Pakai Nomor #1 di MotoGP 2023

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 24 Jan 2023 03:15 WIB
Francesco Bagnaia
Bagnaia memandang nomor #1 di motornya. (Foto: Dok. Ducati)
Bologna -

Francesco Bagnaia akan menggunakan nomor balap #1 dalam MotoGP 2023. Hal itu terungkap dalam peluncuran motor anyar Ducati musim ini.

Musim lalu, Bagnaia memakai nomor #63 saat meraih melakukan comeback terbaik dalam sejarah MotoGP dan mengalahkan Fabio Quartararo dalam persaingan juara. Ia sempat tertinggal 91 poin, namun akhirnya menjadi juara dengan keunggulan 17 angka.

Gelar tersebut merupakan yang pertama bagi Ducati dalam 15 tahun terakhir. Bagnaia juga menjadi pebalap Italia pertama dalam 50 tahun yang menjadi juara dunia MotoGP dengan tim pabrikan Italia.



Bagnaia merupakan juara bertahan MotoGP pertama dalam 11 tahun terakhir yang menggunakan nomor #1 sejak Casey Stoner bersama Honda pada 2012. Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Joan Mir, dan Fabio Quartararo memilih tak memakainya.

Bagnaia tak menganggap nomor #1 yang ia kenakan sebagai hadiah juara dunia semata. Pebalap kelahiran Turin itu berambisi terus memakainya dalam waktu lama.

"Saya memutuskan untuk membalap dengan nomor #1, dan targetnya adalah mempertahankan nomor tersebut. Saya tak boleh terbuai dengan kemenangan di musim lalu. Pertarungan menjadi juara tahun ini akan lebih sulit," ujar Bagnaia, dikutip Sky Sport Italia.

"Ada banyak rival yang bertarung untuk meraih gelar, di mulai dari (Enea) Bastianini. Meski begitu, saya berada di tim terbaik untuk bisa memasang target tinggi pada 2023," jelas Bagnaia.

Bagnaia tak lantas meninggalkan nomor #63 yang ia pakai sejak debut MotoGP pada 2019. Jika diperhatikan, angka tersebut hadir dalam skala kecil di dalam nomor #1 yang dipasang di depan motornya.

Sementara itu, pada ajang World Superbike 2023, Alvaro Bautista yang mengendarai Ducati juga akan memakai nomor #1 pada tahun ini. Ia mengunci gelar juara dunia musim lalu di Sirkuit Mandalika.

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT