MotoGP 2023: Marc Marquez Masih Rider Terbaik, Akan Jadi Favorit

ADVERTISEMENT

MotoGP 2023: Marc Marquez Masih Rider Terbaik, Akan Jadi Favorit

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 23 Jan 2023 06:05 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 05: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team the second place at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Comunitat Valenciana - Qualifying at Ricardo Tormo Circuit on November 05, 2022 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Meski ambyar di musim lalu, Marc Marquez tetap difavoritkan juara di MotoGP 2023. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Honda dan Marc Marquez ambyar di musim lalu. Kendati begitu, Marquez tetap difavoritkan dalam persaingan gelar juara dunia MotoGP 2023.

Rider Spanyol itu hanya melakoni 12 dari 20 balapan di 2022 akibat cedera dan diplopia. Pada prosesnya, Marquez menyudahi musim di peringkat 13 klasemen akhir dengan selisih 152 poin dari sang juara dunia Francesco Bagnaia. Ironisnya, Marquez tetap menjadi penunggang Honda terbaik dibandingkan Pol Espargaro (finis 16), Alex Marquez (17), dan Takaaki Nakagami (18).

Di sisi lain, Honda dalam situasi mengakhawatirkan. Hasil tes post season di Valencia pada November lalu tidak memuaskan. Marquez dikabarkan kecewa berat dengan motor baru Honda dan diyakini sedang mempertimbangkan masa depannya.

Musim 2023 akan dimulai dua bulan lagi. Ducati digadang-gadang akan melanjutkan dominasinya setelah sukses merebut Triple Crown di musim lalu.

Pebalap Gresini sekaligus adik kandung Marquez, Alex Marquez, menepis Ducati akan langsung gas pol sejak awal musim. Pebalap berusia 26 tahun ini percaya, Marc Marquez, tetap harus diperhitungkan dalam bursa juara dunia.

"Ketika anda memulai musim anda sama dengan semuanya. Tidak masalah siapapun, tidak masalah motornya, semuanya mulai dari nol," ungkap Alex dilansir Crash.

"Memang benar Ducati datang dari sebuah tahun yang sangat bagus, sedangkan Honda [dari] sebuah tahun yang sulit. Mereka mengalami begitu banyak masalah pada tahun lalu dan aku mengalami masalah-masalah itu. Namun, seperti yang sudah kukatakan, kami mulai musim baru dengan semua orang sama."

"Marc sebagai seorang pebalap, kami tahu bahwa dia itu pebalap terbaik di grid. Memang seperti ini dan dia itu pebalap yang memiliki titel juara dunia lebih banyak. Jadi sudah pasti, kurasa dia akan menjadi favorit di tahun ini."

"Aku melihat dia banyak berlatih. Aku tidak merasa lebih baik atau lebih buruk daripada dia [sekarang aku memiliki Ducati]... Aku hanya berusaha membaik dan belajar beberapa hal baru dari dia karena dia itu 'kan kakakku," imbuh Alex Marquez.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT