detiksport
Follow detikSport
Kamis, 17 Des 2015 16:20 WIB

PBSI Umumkan Promosi Degradasi Pemain Pelatnas

Femi Diah - detikSport
PBSI for detikSport PBSI for detikSport
Jakarta - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengumumkan 66 pemain akan menghuni pemusatan latihan nasional tahun 2016. Ada nama baru, sebagian masih diisi muka-muka lama.

Promosi dan degradasi menjadi agenda rutin tahunan PBSI. Penilaian pemain pelatnas dilakukan lewat pemantauan tim Pembinaan dan Prestasi (Binpres) selama satu tahun penuh.

“Penilaian promosi dan degradasi bukan cuma dari hasil kejuaraan saja, tetapi dari latihannya juga kami pantau. Si atlet ini sudah memperlihatkan kemajuan yang kita inginkan atau belum?” ujar Rexy seperti dikutip Badminton Indonesia.

Dengan pemantauan itu didapatkan 66 pemain yang akan menghuni pelatnas. Tahun 2016, kuota tim tunggal putra sebanyak 10 atlet, tunggal putri tujuh atlet, ganda putra 16 atlet, ganda putri 14 atlet dan ganda campuran 19 atlet.

Tiket ke pelatnas ditawarkan PBSI lewat Kejuaraan nasional perorangan awal bulan ini. Mereka yang menjadi juara otomatis lolos ke Cipayung.

Tapi para pemain itu harus melewati masa percobaan selama enam bulan pertama. PBSi akan menilai lewat empat kriteria yaitu kesehatan, fisik, prestasi di kejuaraan dan attitude.

Sebanyak delapan atlet muda dari berbagai klub terbaik di Indonesia, berhasil meraih tiket ke pelatnas. Sedangkan pasangan dari klub Djarum, Rafiddias Akhdan Nugroho/Vita Marissa, menjadi satu-satunya juara dari kelas dewasa yang lolos.

Setelah pengumuman promosi dan degradasi itu, PBSI akan mengadakan pertemuan dengan klub yang atletnya masuk dalam daftar degradasi. Pada kesempatan ini, tim Pembinaan dan Prestasi bakal memberikan penjelasan serta informasi seputar penampilan atlet tersebut selama tahun 2015.

Berikut daftar promosi dan degradasi tim nasional PBSI 2015:

Tunggal Putra

Promosi: Ihsan Maulana Mustofa, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Firman Abdul Kholik, Muhammad Bayu Pangisthu, Panji Ahmad Maulana, Enzi Shafira, Krisna Adi Nugraha, Reksy Aureza Megananda dan Vega Vio Nirwanda.

Degradasi: Riyanto Subagja dan Redy Perdana.

Tunggal Putri

Promosi: Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, Hanna Ramadini, Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Dinar Dyah Ayustine dan Desandha Vegarani Putri.

Degradasi: Priskila Siahaya

Ganda Putra

Promosi: Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Ricky Karanda Suwardi, Angga Pratama, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Rian Agung Saputro, Berry Angriawan, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf Santoso, Muhammad Rian Ardianto, Fajar Alfian, Hardianto, Kenas Adi Haryanto, M. Fachrikar Adma P dan Muh. Reza Pahlevi.

Degradasi: Hantoro dan Rian Swastedian

Ganda Putri

Promosi: Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Maretha Dea Giovani, Tiara Rosalia Nuraidah, Rika Rositawati, Rizki Amelia Pradipta, Meirisa Cindy Sahputri, Nisak Puji Lestari, Serena Kani dan Mychelle Chrystine Bandaso.

Degradasi: Gebby Ristiyani Imawan, Suci Rizki Andini dan Melvira Oklamona

Ganda Campuran

Promosi: Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Praveen Jordan, Debby Susanto, Edi Subaktiar, Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald Alexander, Melati Daeva Octavianti, Riky Widianto, Anissa Saufika, Hafiz Faisal, Shella Devi Aulia, Alfian Eko Prasetya, Masita Mahmudin, Richi Puspita Dili, Rafiddias Akhdan Nugroho, Vita Marissa, Rinov Rivaldy dan Vania Arianti Sukoco.

Degradasi: Lukhi Apri Nugroho dan Zakia Ulfa

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed