DetikSport
Jumat 03 Maret 2017, 11:59 WIB

All England

Indonesia di All England: Bertumpu Praveen Jordan/Debby Susanto

Mercy Raya - detikSport
Indonesia di All England: Bertumpu Praveen Jordan/Debby Susanto Foto: PBSI
Jakarta - Indonesia mengirimkan kekuatan penuh pada All England Terbuka Super Series Premier 2017. Pasukan Merah Putih memburu satu gelar juara lewat pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto.

All England tahun ini akan digelar pada 7-12 Maret 2017, di Stadion Barclaycard Arena. Indonesia mengirimkan 23 pemain: lima tunggal putra, tiga tunggal putri, lima ganda putra, empat ganda putri, dan lima ganda campuran.

Menilik skuat tahun lalu, barisan pemain yang mengisi kontingen All England di tahun ini tidak terlalu banyak perubahan.

Perubahan paling mencolok hanyalah pada susunan di tunggal putri, yang pemainnya baru semua. Jika dulu PBSI mengandalkan Linda Wenifanetri, Maria Febe Kusumastuti. Tahun ini, PBSI mengirim Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Lyanny Alessandra Mainaky.



Sementara tunggal putra, tidak memasukkan Jonatan Christie, namun Sony Dwi Kuncoro masuk dalam barisan. Jonatan batal mengikuti pertandingan karena sedang sakit. Menurut tim media PBSI, Jonatan mengalami masalah kesehatan dan saat ini masih dalam observasi vebris.

"Target kami minimal bisa mempertahankan satu gelar seperti tahun lalu. Namun kami maunya semua sektor ada peningkatan. Mudah-mudahan hasilnya bukan cuma satu (gelar), tahu-tahu bisa ada dua gelar, amin," ujar Susy, ketua bidang pembinaan dan prestasi PP PBSI, dalam konferensi pers di Cipayung, Jumat (3/3/2017).

Menurut Susy sektor ganda campuran dan ganda putra tetap menjadi andalan untuk mendulang gelar juara. Menilik prestasi dan materi pemain, kedua sektor tersebut memang masih lebih unggul dibanding sektor lainnya.

"Di ganda putri sebetulnya juga kuat, namun setelah Greysia (Polii)/Nitya (Krishinda Maheswari) dipisah, sektor ini memang menurun. Namun, sekarang masih dicari perpaduan terbaik dari pemain-pemain yang ada," jelas Susy.

"Kalau di tunggal putri dan tunggal putra, pemain muda dibilang prestasinya tinggi juga belum, tapi sudah menunjukkan peningkatan. Mudah-mudahan di All England jangan cuma berhenti di kualifikasi atau babak pertama, minimal babak delapan besar, sudah cukup bagus, karena dari rangking dan kualitas sedang mengejar," ungkap pemilik medali emas Olimpaide 1992 Barcelona itu.

Jelang keberangkatan ke All England, para atlet mengikuti program persiapan yang telah disusun oleh masing-masing pelatih di tiap sektor. All England yang turnamen bergengsi ini merupakan salah satu target utama di tahun 2017.

"Di semua sektor persiapannya pasti lebih, karena All England salah satu target utama. Intinya ini salah satu turnamen penting, tiap sektor pasang target, tapi tetap realistis," jelas Susy.

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan bertanding di All England 2017:

Tunggal Putra: Sony Dwi Kuncoro, Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa

Tunggal Putri: Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Lyanny Alessandra Mainaky

Ganda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (INA/MAS)

Ganda Putri: Greysia Polii/Rizki Amelia Pradipta, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Awanda/Apriani Rahayu, Tiara Rosalia Nuraidah/Ni Ketut Mahadewi Istarani

Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika, Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed