DetikSport
Rabu 15 Maret 2017, 19:05 WIB

Orang Tua Menyimpan Rapi Trofi dan Medali Kevin Sanjaya

Putri Akmal - detikSport
Orang Tua Menyimpan Rapi Trofi dan Medali Kevin Sanjaya Foto: Rengga Sancaya
Banyuwangi - Kedua orang tua Kevin Sanjaya tinggal di Desa Sumberberas, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Di rumah itulah mereka menyimpan medali-medali Kevin.

Bangunan satu lantai yang didominasi warna hijau itu bergandengan dengan toko sembako milik keluarga Kevin. Ada satu kamar dengan dinding warna biru yang tak hanya terisi tempat tidur dan lemari pakaian. Di dalam kamar itu tersimpan berderet-deret trofi dan medali. Di sana juga terkumpul kliping berita Kevin dari berbagai media.

Kamar biru itu adalah kamar Kevin. Ya, Kevin, 21 tahun, yang baru saja menjadi juara All England bersama Marcus Fernaldi Gideon di Birmingham pada 12 Maret 2017.

Kedua orang tua Kevin, Sugiarto Sukamuljo dan Winartin Niawati, sengaja menyimpan trofi dan medali itu dalam kamar tersebut. Lebih mudah bagi para tamu atau pelanggan untuk menyaksikan perjalanan Kevin lewat foto. Sebab, oleh keluarga foto-foto itu tak hanya dipasang di dinding rumah, tapi juga toko milik mereka.

Di rumah itu, Sugiarto dan Winartin tinggal berdua. Kevin bahkan sudah meninggalkan rumah sejak tahun 2007, tepat setelah lolos audisi PB Djarum. Kakak Kevin, Nico Prasetya Sukamuljo, sudah menetap di Bali.

detikSport berkesempatan untuk menengok koleksi piala dan medali itu. Sambil menunjukkan jejeran piala dan medali, Sugiarto bercerita tentang putranya.

Menurut Sugiarto, Kevin mengenal bulutangkis sejak kecil. Kebetulan, di belakang rumah mereka ada lapangan bulu tangkis berlantai ubin.

"SD kelas 1 sudah juara kecamatan, kelas 3 SD itu juara Kabupaten. Cara mukulnya itu beda dengan yang sepantaran dia," kenang Sugiarto saat, Rabu (15/3/2017).

Sugiarto Sukamuljo, ayah Kevin Sanjaya SukamuljoSugiarto Sukamuljo, ayah Kevin Sanjaya Sukamuljo Foto: Putri Akmal/detikSport

Berdarah asli Banyuwangi, Kevin yang lahir tanggal 2 Agustus 1995 itu disebut sang ayah memang bocah yang disiplin, fokus, dan gigih dalam menggapai impiannya menjadi atlet bulutangkis. Sejak dulu, Kevin berharap besar bisa jadi juara All England dan juara dunia.

Meski sudah ditinggal oleh Kevin sejak 2007, saat Kevin bergabung PB Djarum, Sugiarto tak 'kehilangan jejak' putranya. Dia rajin mengumpulkan rentetan prestasi Kevin lewat berbagai media. Kemudian dikliping.

"Paling berkesan All England dan China Super. Kalau yang di India pertama kali menang super series," cerita Sugiarto dengan bangga.

Ibunda Kevin, Winartin, juga turut senang dengan prestasi di All England. Ada doa yang diselipkan sang bunda untuk Kevin.

"Dari dulu Kevin selalu bilang ingin juara All England dan sekarang sudah tercapai," ucap Winartin.



"Semoga bisa terus mempertahankan prestasinya. Mempertahankan rangkingnya sebagai juara," tutup Sugiarto.
(fem/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed