DetikSport
Minggu 21 Mei 2017, 12:00 WIB

Piala Sudirman: The Game Is On!

Femi Diah - detikSport
Piala Sudirman: The Game Is On! Lin Dan memastikan kemenangan China atas Hong Kong 3-0 di babak penyisihan Grup A Piala Sudirman 2017 (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Gold Coast - Gong perhelatan Piala Sudirman 2017 resmi ditabuh. China menebar ancaman di laga pembuka.

Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Queensland, Australia dimulai Minggu (20/5/2017) hingga akhir pekan nanti saat penentuan juaranya. Agenda puncak akan digelar pada hari Minggu (28/5/2017).

China tampil sebagai juara bertahan ajang bulutangkis beregu campuran dua tahunan itu. Tim dari Negeri Bambu itu sekaligus berbekal sepuluh gelar juara.

Piala Sudirman kali ini menjadi ujian perdana bagi duet pelatih baru, Xia Xuanze dan Zhang Jun. Mereka menggantikan 'paduka' Li Yongbo yang sudah menukangi timnas bulutangkis China selama 24 tahun.

Di laga perdana, China langsung tampil all out. Mereka menurunkan para pemain terbaik, termasuk pebulutangkis legendaris, Lin Dan, dan ganda putra senior Zhang Nan/Fu Haifeng.

China mengawali pertaruhan di laga perdana dengan berhasil memastikan kemenangan atas Hong Kong dengan skor 3-0 (dua partai berikutnya tetap dimainkan pada babak kualifikasi ini dan sampai berita ini diturunkan laga itu sedang berjalan).

Zhang Nan/Haifeng membuka dengan kemenangan. Mereka berhasil memukul Law Cheuk Him/Lee Chun Hei Reginald dengan skor 21-15, 26-24 di Carrara Sport dan Leisure Centre hari ini.

[Baca Juga: Tanpa Komando Li Yongbo, Mampukah China Juara di Gold Coast?]

China juga berhasil meraih kemenangan pada partai kedua. Sun Yu menang telak atas Fan Ka Yan dengan skor 21-12, 21-13.

Hasil positif pada partai ketiga memastikan kemenangan China atas Hong Kong. Poin disumbangkan oleh Lin Dan yang mengalahkan Hu Yun dengan skor 21-14, 21-13.

Dua partai lainnya dalam babak penyisihan Grup A antara China dan Hong Kong masih menyisakan duel antara ganda putri Bao Yixin/Tang Jinhua dengan Ng Tsz Yau/Yeung Nga Ting dan ganda campuran Chen Qingchen/Zheng Siwei dengan Tang Chun Man/Tse Ying Suet.




China menyisakan satu laga lagi dengan berjumpa Thailand pada Rabu (24/5/2017). Sementara kekalahan itu membuat kesempatan Hong Kong untuk melaju ke babak delapan besar menipis. Mereka harus menang atas Thailand pada Senin (22/5/2017).

Pada kasta tertinggi ajang ini diikuti 12 negara. Masing-masing negara dibagi menjadi empat grup dan menjalani sistem pertandingan round robin. Hanya juara dan runner-up grup yang berhak melaju ke babak perempatfinal. Sejak babak delapan besar, para kontestan sudah harus menjalani sistem gugur.

Indonesia menjalani pertandingan perdana lawan India pada Selasa (23/5/2017). Skuat Indonesia tampil sebagai unggulan keenam, India seeded kesembilan.




(fem/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed