DetikSport
Rabu 13 September 2017, 12:27 WIB

'Sukses Nadal Juarai AS Terbuka Tidak Spesial'

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Sukses Nadal Juarai AS Terbuka Tidak Spesial Rafael Nadal menjuarai AS Terbuka untuk ketiga kali. Titel Grand Slam ke-16. Foto: Andrew Kelly/Reuters
New York - Petennis nomor satu dunia Rafael Nadal berhasil menjuarai AS Terbuka 2017. Menurut pelatih sekaligus pamannya, Toni Nadal, gelar itu tidak istimewa. Mengapa?

Nadal merengkuh gelar ketiganya di Flushing Meadows setelah mengatasi perlawanan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson tiga set langsung, Senin (11/9/2017) dinihari WIB. Di pertandingan itu, Nadal tampil dominan dari awal hingga akhir.

Tidak bisa dipungkiri bahwa titel juara Nadal ini sedikit 'hambar'. Hal itu disebabkan, Nadal tidak mengalahkan jajaran petenis top 50 dunia sebelum semifinal, yang ditambah dengan kekalahan Roger Federer di perempatfinal.

Pada awalnya, kedua petenis legendaris tersebut diproyeksikan bertarung tapi Federer tumbang di tangan mantan juara Juan Martin del Potro. Kekalahan Federer menambah turnamen yang sedari awal kurang greget karena absennya petenis-petenis top seperti Novak Djokovic, Andy Murray, dan Stan Wawrinka karena cedera.

"Bagi saya, tidak spesial," Toni Nadal mengucapkan dikutip ESPN. "Sama saja dengan waktu-waktu yag lain ketika dia memenangi turnamen Grand Slam."

"Turnamen kali ini berbeda karena kami bermain melawan (Alexandr) Dolgopolov, (Andrey) Rublev, mereka memang pemain bagus. Tapi bukan para petenis top."

"Saya tidak ingin mengatakan hal buruk apapun tentang lawan-lawan kami, tapi kali ini beberapa pemain cedera sebelum bertanding -- Murray, Djokovic, Wawrinka, (Kei) Nishikori, (Milos), Raonic. Dan kemudian Federer kalah. Tapi saya pikir Rafael memang bermain dengan bagus dan petenis terbaik di antara orang-orang yang sudah bermain."

2017 menjadi musim terakhir bagi Toni Nadal melatih keponakannya itu. Mulai musim depan, Nadal sepenuhnya akan ditangani mantan petenis top Carlos Moya dan Francisco Roig.
(rin/krs)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed