detiksport
Follow detikSport
Jumat, 12 Jan 2018 16:45 WIB

Asian Games dan Obrolan di Hong Kong Jadi Alasan Hendra Comeback ke Pelatnas

Femi Diah - detikSport
Hendra Setiawan (Grandyos Zafna/detikSport) Hendra Setiawan (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Hendra Setiawan tak bisa menolak ajakan Herry Iman Pierngadi ke pelatnas. Dia akan berupaya semaksimal mungkin agar Indonesia tak hanya memiliki Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Hendra mundur dari pelatnas pada Novemebr 2014. Waktu itu, pemilik medali emas Olimpiade 2008 Beijing tersebut berharap keputusannya bisa mempercepat regenerasi.

Memang penampilan ganda putra cukup cemerlang sepanjang 2017 lewat rentetan gelar yang dituai Kevin/Marcus. Tapi, laju ganda putra selain Kevin/Marcus inkonsisten.

[Baca Juga: Kembali ke Pelatnas PBSI, Ini Target Hendra Setiawan]

Situasi itu membuat resah pelatih ganda putra pelatnas, Herry. Dia kemudian menyampaikannya kepada Hendra di Hong Kong Terbuka 2017. Herry minta agar Hendra kembali ke pelatnas untuk menambah kekuatan sektor itu pada kualifikasi Piala Thomas pada Februari di Malaysia.

Prosesnya tak hanya lewat komunikasi di Hongkong. Herry kemudian mengomunikasikannya kepada PBSI. Sebuah jalan untuk kembali ke pelatnas CIpayung didapatkan dengan Hendra menjadi juara Kejurnas Bulutangkis 2017 bersama Mohammad Ahsan.

"Di satu sisi, saya memang ingin balik ke pelatnas. Kalau dibilang siapa yang ingin (Hendra ke pelatnas), sama-sama ingin, pelatih dan saya," kata Hendra kepada pewarta di Cipayung, Jumat (12/1/2018).

"Di sisi lain, dengan kembalinya saya ke pelatnas maka sebenarnya ada yang kurang bagus dalam regenerasi. Sayang ya, cuma satu yang muncul. Mungkin dari mental (jadi yang lain nggak muncul). Padahal di badminton yang penting mental. Latihan sudah bagus kalau pas pertandingan nggak keluar mainnya percuma juga," ujar Hendra.

[Baca Juga: Magang di Pelatnas, Hendra Setiawan Bidik Piala Thomas dan All England]

"Selain itu kesempatan (tanding) nya banyak. Stok ganda putra di pelatnas juga banyak. MUngkin masih butuh waktu kali ya," bapak tiga anak itu menambahkan.

Di samping itu, Hendra memang memiliki kesempatan besar untuk tampil di Asian Games di Indonesia. Dengan menjadi pemain pelatnas, kesempatan untuk memperkuat Indonesia di pesta olahraga negara-negara Asia itu terbuka lagi. Jika sukses meraih emas, Hendra bakal hattrick di Asian Games.

"Iya, saya ingin tampil di Asian Games. Semoga bisa mengulang hasil Asian Games 2014 dan 2010," ujar dia.


(fem/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed