DetikSport
Jumat 06 April 2018, 17:15 WIB

Ganda Putra Tak Pernah Berhenti Regenerasi, Ini Kata Herry IP

Femi Diah - detikSport
Ganda Putra Tak Pernah Berhenti Regenerasi, Ini Kata Herry IP Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra pel;atnas PBSI (Ari Saputra/detikSport)
Jakarta - Ganda putra konsisten menelorkan pemain-pemain kelas dunia. Herry Iman Pierngadi membeberkan rahasia di balik sukses itu.

Ganda putra seolah tiada henti naik podium di ajang bergengsi dunia. Salah satu yang istimewa, ganda putra Indonesia menjadi negara dengan koleksi gelar juara dunia paling banyak, sembilan kali.

Rupanya, pembibitan ganda putra di Tanah Air bukan hanya lewat kompetisi. Mereka seolah memiliki kamus khusus sehingga istilah pukulan pun seragam sejak dari level klub. Juga pola dasar pukulan.

[Baca Juga: Berkenalan dengan Keluarga Herry Iman Pierngadi]

"Itu karena ganda putra memiliki pola baku latihan yang seragam. Pola dasarnya sama, tinggal masing-masing pelatih mengembangkan," kata Herry dalam wawancara One on One dengan detikSport.

"Pemain-pemain asing menyebut sebagai Indonesian style," Herry menegaskan. juga dituntut membuat

Kesamaan pola dan istilah setiap teknik itu dibangun di pelatnas. Oleh anak didik Herry dan Christian Hadinata, pelatih ganda putra pelatans PBSI sebelum Herry, pola dan istilah itu diteruskan di klub-klub binaan masing-masing.

[Baca Juga: Herry IP di Antara Bulutangkis, Keluarga, dan Burung Berkicau]

Ya, pola itu, menurut Herry, memang diciptakan Christian. Herry kemudian mengembangkannya. termasuk untuk mengatasi beragamnya kok yang dipakai di setiap kejuaraan.

"Saya yakin, tiga sampai empat tahun ke depan ganda putra Indonesia enggak bakal habis!" ujar Herry.



(fem/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed